Penentuan Value Proposition Bisnis Tenant agar Sesuai Kebutuhan Konsumen
Corresponding Author(s) : Farid Ma’ruf
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
Abstract
Tahun 2021 lalu, tim Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) Teknik Industri mengadakan kembali seleksi bagi mahasiswa Teknik Industri yang akan dan atau telah memiliki bisnis. Ada dua metode yang digunakan dalam penyeleksian tenant ini, yakni administratif dan presentasi. Dari proses seleksi yang dilakukan, maka terpilih dua tim yang layak mendapatkan pendanaan dan pendampingan dari tim PPK ini. Kedua tim tersebut adalah Ashiappp Art yang bergerak di bidang jasa dan Jam Tangan Batik Nirmolo yang bergerak dalam bidang manufaktur. Salah satu tema pendampingan tenant ini adalah segmentasi pasar. Hal ini sering terlupakan di kalangan pebisnis pemula bahwa dalam berbisnis itu untuk memenuhi kebutuhan penjual atau kebutuhan konsumen. Selain itu, harapan yang diinginkan dalam berbisnis terkadang tidak disesuaikan dengan kondisi yang ada. Pada pendampingan ini, kedua tenant diminta untuk menggambarkan ulang segmentasi pasar dari produk mereka sehingga sesuai antara produk yang ditawarkan dengan kebutuhan konsumen menggunakan metode Value Proposition Canvas. Metode tersebut menjelaskan keterhubungan antara pelanggan dan nilai yang ditawarkan. Hasil dari pendampingan menggunakan metode Value Proposition Canvas adalah para tenant memahami dan mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen, mulai dari video profil, paket harga, hingga kualitas produk yang ditawarkan. Catatan lain dari pendampingan kedua tenant Teknik Industri ini adalah perlu ditegaskan lagi segmen pasar yang akan dibidik sehingga lebih terarah dan tepat sasaran. Spesifiknya adalah bagi Ashiappp Art dan Jam Tangan Batik Nirmolo dapat menambahkan pada salah satu item dari profil pelanggan, yakni segmen berdasarkan umur, jenis kelamin, atau pekerjaan sehingga lebih detail dan spesifik, serta tidak terkesan umum sekali
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- R. Wahyudi and Riduwan, BAYANI, 1st ed. Yogyakarta: UAD Press, 2020.
- Xendit, “5 Bisnis Kreatif Untuk Anak Muda di Masa Pandemi,” 2021.
- D. Dellyana, I. Purnama, M. A. Zaky, N. Arina, and W. Dhewanto, Start Up Tools, I. PT Lontar Digital Asia, 2021.
- D. A. Putra, “Jumlah Wirausaha Indonesia Jauh di bawah Malaysia dan Thailand,” 2021.
- M. Syahbudi and S. E. I. MA, Ekonomi Kreatif Indonesia: Strategi Daya Saing UMKM Industri Kreatif Menuju Go Global (Sebuah Riset Dengan Model Pentahelix). Merdeka Kreasi Group, 2021.
- A. L. Devi, “Analisis Pembangunan Ekonomi Kreatif Dan Pengembangannya Dalam Perspektif Model Penta Helix (Studi Pada Kota Malang),” Universitas Brawijaya, 2017.
- P. A. A. Sunarya, Kewirausahaan, Ed. I. Yogyakarta: Andi Offset, 2011.
- J. Owen, The Mindset of Success: Accelerate Your Career from Good Manager to Great Leader. Kogan Page Publishers, 2017.
- A. H. Nasution and H. Kartajaya, Inovasi. Penerbit Andi, 2018.
- P. Kotler and K. L. Keller, A framework for marketing management. Pearson Boston, MA, 2016.
- A. Osterwalder, Y. Pigneur, G. Bernarda, and A. Smith, Value proposition design: How to create products and services customers want, vol. 2. John Wiley & Sons, 2014.
- P. Kotler, H. Kartajaya, and I. Setiawan, Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital. Gramedia Pustaka Utama, 2019.
- D. Tulasi, “Komunikasi Pemasaran,” Humaniora, vol. 3, no. 1, pp. 215–222, 2012.
- H. Kartajaya, J. Mussry, and E. Hardi, Planet OMNI: The New Yin Yang of Business. Gramedia Pustaka Utama, 2018.
- J. Kyhnau and C. Nielsen, "Value Proposition Design: How to create products and services customers want," J. Bus. Model., vol. 3, no. 1, 2015.
References
R. Wahyudi and Riduwan, BAYANI, 1st ed. Yogyakarta: UAD Press, 2020.
Xendit, “5 Bisnis Kreatif Untuk Anak Muda di Masa Pandemi,” 2021.
D. Dellyana, I. Purnama, M. A. Zaky, N. Arina, and W. Dhewanto, Start Up Tools, I. PT Lontar Digital Asia, 2021.
D. A. Putra, “Jumlah Wirausaha Indonesia Jauh di bawah Malaysia dan Thailand,” 2021.
M. Syahbudi and S. E. I. MA, Ekonomi Kreatif Indonesia: Strategi Daya Saing UMKM Industri Kreatif Menuju Go Global (Sebuah Riset Dengan Model Pentahelix). Merdeka Kreasi Group, 2021.
A. L. Devi, “Analisis Pembangunan Ekonomi Kreatif Dan Pengembangannya Dalam Perspektif Model Penta Helix (Studi Pada Kota Malang),” Universitas Brawijaya, 2017.
P. A. A. Sunarya, Kewirausahaan, Ed. I. Yogyakarta: Andi Offset, 2011.
J. Owen, The Mindset of Success: Accelerate Your Career from Good Manager to Great Leader. Kogan Page Publishers, 2017.
A. H. Nasution and H. Kartajaya, Inovasi. Penerbit Andi, 2018.
P. Kotler and K. L. Keller, A framework for marketing management. Pearson Boston, MA, 2016.
A. Osterwalder, Y. Pigneur, G. Bernarda, and A. Smith, Value proposition design: How to create products and services customers want, vol. 2. John Wiley & Sons, 2014.
P. Kotler, H. Kartajaya, and I. Setiawan, Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital. Gramedia Pustaka Utama, 2019.
D. Tulasi, “Komunikasi Pemasaran,” Humaniora, vol. 3, no. 1, pp. 215–222, 2012.
H. Kartajaya, J. Mussry, and E. Hardi, Planet OMNI: The New Yin Yang of Business. Gramedia Pustaka Utama, 2018.
J. Kyhnau and C. Nielsen, "Value Proposition Design: How to create products and services customers want," J. Bus. Model., vol. 3, no. 1, 2015.