Digitalisasi Pemasaran UMKM Menghadapi Pandemi Covid 19
Corresponding Author(s) : Muchamad Zaenuri
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
Abstract
Sebagai salah satu UMKM, pembuatan parut kelapa di Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya Kabupaten Sleman telah menjadi sebuah industri rumahan yang sangat potensial untuk terus dikembangkan. Hadirnya industri parut ini menambah sentra industri kerajinan sebagai salah satu bentuk usaha ekonomi menengah (UKM) di wilayah pedesaan sehingga dapat menggeliatkan kegiatan ekonomi bagi masyarakat desa. Desa Sendangsari, Kecamatan Minggir, di Kabupaten Sleman merupakan salah satu desa yang menjadi sentra industri parut. Pengukuhan melalui Surat Keputusan Bupati Sleman Nomor 55/Kep.KDH/A/2019 tentang Sentra Industri Kecil di Kabupaten Sleman Tahap V. Namun, terjadinya pandemi telah berdampak terhadap industri parut yang ada di Desa Sendangsari dengan mengalami penurunan omzet penjualan yang berakibat pada berkurangnya jumlah produksi. Permasalahan lainnya yakni sulitnya melakukan pemasaran produk. Masyarakat pedesaan masih kurang responsif terhadap perubahan, hal ini dapat dilihat pemasaran yang kurang ekspansif. Permasalahan terkait manajemen pemasaran dari usaha industri parut kelapa ini dapat diselesaikan melalui program KKN-PPM UMY melalui tindakan antara lain: 1) Pengembangan program pemasaran yang kreatif dan 2) peningkatan inovasi layanan pemasaran berbasis media sosial. Hasil yang dicapai adalah tersusunnya model pemasaran yang kreatif dengan menggunakan variasi konten pada digital marketing. Penggunaan digital marketing memberikan pengaruh pada omzet penjualan dan UMKM parut dapat bangkit kembali di era pandemi
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- M. Yuniati and R. Amini, “Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Daya Beli Masyarakat Ntb,” J. Penelit. Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 362–368, 2020.
- D. Prayogo and S. Sukim, “Determinan Daya Beli Masyarakat Indonesia Selama Pandemi Covid-19 Tahun 2020,” Semin. Nas. Off. Stat., vol. 2021, no. 1, pp. 631–640, 2021.
- M. Santosa, “Analisis Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Perekonomian Lokal Dari Sudut Pandang Jenis Pekerjaan Dan Tingkat Daya Beli Masyarakat Di Jawa Tengah,” PREPOTIF J. Kesehat. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 253–267, 2020.
- D. Pradiatiningtyas, “Preferensi dan Keputusan Pembelian Konsumen pada Aplikasi Belanja Online Saat Pandemi Covid 19 (Studi Kasus: Go Mart dan Aplikasi Sayur Online),” J. Speed-Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 12, no. 3, 2020.
- M. Octavia and Y. Fatah Kurniawan, “Aplikasi Teknologi Berbasis Android Untuk Mempermudah Penyajian Informasi Golongan Darah Yang Cepat Dan Tepat Bagi Masyarakat Desa,” BERDIKARI J. Inov. dan Penerapan Ipteks, vol. 6, no. 2, pp. 232–240, 2018.
- F. Rangkuti, Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2014.
- G. L. Urban, Digital Marketing Strategy: Text and Cases. New York: Person Education, 2004.
- B. Coviello, N., Milley, R. and Marcolin, “Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing,” J. Interact. Mark., vol. 15, no. 4, pp. 18–33, 2001.
- J. Tarigan and R. Sanjaya, Creative Digital Marketing. Jakarta: Elek Media Komputindo, 2009.
- A. . Rahadian, “Revitalisasi Birokrasi Melalui Transformasi Birokrasi Menuju E-Governance Pada Era Revolusi Industri 4.0,” Pros. Semin. Stiami, vol. 6, no. 1, pp. 85–94, 2019.
- D. Purwana, R. Rahmi, and S. Aditya, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit,” J. Pemberdaya. Masy. Madani, vol. 1, no. 1, pp. 1–17, 2017.
- R. Slamet, B. Nainggolan, R. Roessobiyatno, H. Ramdani, A. Hendriyanto, and L. L. Ilma, “Strategi Pengembangan Ukm Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas,” J. Manaj. Indones., vol. 16, no. 2, pp. 136–147, 2016.
References
M. Yuniati and R. Amini, “Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Daya Beli Masyarakat Ntb,” J. Penelit. Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 362–368, 2020.
D. Prayogo and S. Sukim, “Determinan Daya Beli Masyarakat Indonesia Selama Pandemi Covid-19 Tahun 2020,” Semin. Nas. Off. Stat., vol. 2021, no. 1, pp. 631–640, 2021.
M. Santosa, “Analisis Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Perekonomian Lokal Dari Sudut Pandang Jenis Pekerjaan Dan Tingkat Daya Beli Masyarakat Di Jawa Tengah,” PREPOTIF J. Kesehat. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 253–267, 2020.
D. Pradiatiningtyas, “Preferensi dan Keputusan Pembelian Konsumen pada Aplikasi Belanja Online Saat Pandemi Covid 19 (Studi Kasus: Go Mart dan Aplikasi Sayur Online),” J. Speed-Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 12, no. 3, 2020.
M. Octavia and Y. Fatah Kurniawan, “Aplikasi Teknologi Berbasis Android Untuk Mempermudah Penyajian Informasi Golongan Darah Yang Cepat Dan Tepat Bagi Masyarakat Desa,” BERDIKARI J. Inov. dan Penerapan Ipteks, vol. 6, no. 2, pp. 232–240, 2018.
F. Rangkuti, Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2014.
G. L. Urban, Digital Marketing Strategy: Text and Cases. New York: Person Education, 2004.
B. Coviello, N., Milley, R. and Marcolin, “Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing,” J. Interact. Mark., vol. 15, no. 4, pp. 18–33, 2001.
J. Tarigan and R. Sanjaya, Creative Digital Marketing. Jakarta: Elek Media Komputindo, 2009.
A. . Rahadian, “Revitalisasi Birokrasi Melalui Transformasi Birokrasi Menuju E-Governance Pada Era Revolusi Industri 4.0,” Pros. Semin. Stiami, vol. 6, no. 1, pp. 85–94, 2019.
D. Purwana, R. Rahmi, and S. Aditya, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit,” J. Pemberdaya. Masy. Madani, vol. 1, no. 1, pp. 1–17, 2017.
R. Slamet, B. Nainggolan, R. Roessobiyatno, H. Ramdani, A. Hendriyanto, and L. L. Ilma, “Strategi Pengembangan Ukm Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas,” J. Manaj. Indones., vol. 16, no. 2, pp. 136–147, 2016.