Wegrow : Platform Pendidikan Berbasis Website Dalam Mendukung Penyetaraan Akses Pendidikan Bagi Perempuan
Corresponding Author(s) : Apriliya Kurnianti
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
Abstract
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, indeks ketimpangan gender pada tahun 2019 adalah 0,421 persen. Terdapat jutaan artikel dan modul pembelajaran yang dapat di akses melalui internet, namun tidak semua perempuan dapat memilah dan menggunakan kesempatan tersebut dengan baik. Akses pendidikan yang banyak, namun belum tersegmentasi khusus bagi perempuan yang kurang fasih dalam literasi digital, maka hal ini menjadi cukup sulit. Akses pendidikan bagi perempuan masih dianggap biasa. Stigma yang berkembang di masyarakat bahwa perempuan tidak harus memiliki pendidikan tinggi dan proses belajarnya berhenti ketika sudah menikah atau berhenti sekolah. Perempuan merupakan salah satu elemen masyarakat yang memiliki peran dan fungsinya. Perempuan sebagai mitra sejajar laki-laki harus bisa mengoptimalkan peran strategisnya dalam sebuah pembangunan. Namun untuk mencapai itu, perempuan masih dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang beragam terlebih dalam lingkup gender [1]. Dengan adanya WeGrow, platfrom bidang teknologi dan pendidikan berbasis website diharapkan dapat menjadi pusat pembelajaran bagi perempuan yang bisa disesuaikan dengan filterisasi usia dan status sehingga pengguna nantinya bisa mendapatkan info dan pembelajaran yang sesuai dengan keinginannya. Fungsi utama platform WeGrow adalah sebagai pusat informasi dan ilmu (learn) yang menjadi jembatan antara perempuan dan ahli terkait (bridge). metode yang digunakan dalam pengabdian meliputi : 1). Identifikasi masalah, 2). Tahap pelaksanaan, 3). Evaluasi
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- D. A. Nurlatifah, D. Sumpena, and F. A. Hilman, “Proses Pemberdayaan Perempuan pada Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta),” Az-Zahra J. Gend. Fam. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 35–45, 2020, doi: 10.15575/azzahra.v1i1.9463.
- K. Ummah, S. Idayanti, F. Dian Aryani, T. Vika Widyastuti, and A. Irwan Hamzani, “Khadimul Ummah Journal of Social Dedication PENDAMPINGAN PEREMPUAN WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN MENUJU PEREMPUAN BERDIKARI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KOTA TEGAL FEMALE ASSISTANCE OF CORRECTIONAL RESIDENTS TOWARDS WOMEN IN THE CORRECTIONAL INSTITUTION OF TEGAL CITY,” 1995, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.21111/ku.v3i1.
- A. Prantiasih, “Hak Asasi Manusia Bagi Perempuan,” J. Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 25, no. 1, pp. 10–15, 2012, [Online]. Available: http://journal.um.ac.id/index.php/jppk/article/view/5501.
- Badan Pusat Statistik Provinsi Kepri, “Statistik kemiskinan,” Bps.Go.Id, no. 27, pp. 1–16, 2021.
- I. Ulya, “PENDIDIKAN BERBASIS KESETARAAN GENDER: Studi Kebijakan Pemerintah dan Aplikasinya dalam Pendidikan,” MAGISTRA Media Pengemb. Ilmu Pendidik. Dasar dan Keislam., vol. 4, no. 1, pp. 11–32, 2018, doi: 10.31942/mgs.v4i1.946.
- N. Azizah, Z. Maulana, and A. Maksum, “Kesetaraan Gender Sebagai Kunci Aisyiyah Berkemajuan,” Pros. Semin. Nas. Progr. Pengabdi. Masy., pp. 805–811, 2021, doi: 10.18196/ppm.34.298.
- M. Kamaluddin, “Program Pendampingan Perempuan Bagi Pegiat Industri Rumahan,” SOSFILKOM J. Sos. Filsafat dan Komun., vol. 12, no. 02, pp. 29–35, 2019, doi: 10.32534/jsfk.v12i02.570.
- D. I. Desa and K. Banyumas, “PENGEMBANGAN BISNIS PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS WEBSITE,” vol. 5, no. 2, pp. 122–127, 2021.
- D. Masduki, Y. Widianingsih, and H. Simanihuruk, “Perempuan Melalui Aplikasi Pinterest,” 2020.
- D. C. Puspitasari, “Modal Sosial Perempuan Dalam Peran Penguatan Ekonomi Keluarga,” J. Pemikir. Sosiol., vol. 1, no. 2, p. 69, 2015, doi: 10.22146/jps.v1i2.23445.
References
D. A. Nurlatifah, D. Sumpena, and F. A. Hilman, “Proses Pemberdayaan Perempuan pada Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta),” Az-Zahra J. Gend. Fam. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 35–45, 2020, doi: 10.15575/azzahra.v1i1.9463.
K. Ummah, S. Idayanti, F. Dian Aryani, T. Vika Widyastuti, and A. Irwan Hamzani, “Khadimul Ummah Journal of Social Dedication PENDAMPINGAN PEREMPUAN WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN MENUJU PEREMPUAN BERDIKARI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KOTA TEGAL FEMALE ASSISTANCE OF CORRECTIONAL RESIDENTS TOWARDS WOMEN IN THE CORRECTIONAL INSTITUTION OF TEGAL CITY,” 1995, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.21111/ku.v3i1.
A. Prantiasih, “Hak Asasi Manusia Bagi Perempuan,” J. Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 25, no. 1, pp. 10–15, 2012, [Online]. Available: http://journal.um.ac.id/index.php/jppk/article/view/5501.
Badan Pusat Statistik Provinsi Kepri, “Statistik kemiskinan,” Bps.Go.Id, no. 27, pp. 1–16, 2021.
I. Ulya, “PENDIDIKAN BERBASIS KESETARAAN GENDER: Studi Kebijakan Pemerintah dan Aplikasinya dalam Pendidikan,” MAGISTRA Media Pengemb. Ilmu Pendidik. Dasar dan Keislam., vol. 4, no. 1, pp. 11–32, 2018, doi: 10.31942/mgs.v4i1.946.
N. Azizah, Z. Maulana, and A. Maksum, “Kesetaraan Gender Sebagai Kunci Aisyiyah Berkemajuan,” Pros. Semin. Nas. Progr. Pengabdi. Masy., pp. 805–811, 2021, doi: 10.18196/ppm.34.298.
M. Kamaluddin, “Program Pendampingan Perempuan Bagi Pegiat Industri Rumahan,” SOSFILKOM J. Sos. Filsafat dan Komun., vol. 12, no. 02, pp. 29–35, 2019, doi: 10.32534/jsfk.v12i02.570.
D. I. Desa and K. Banyumas, “PENGEMBANGAN BISNIS PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS WEBSITE,” vol. 5, no. 2, pp. 122–127, 2021.
D. Masduki, Y. Widianingsih, and H. Simanihuruk, “Perempuan Melalui Aplikasi Pinterest,” 2020.
D. C. Puspitasari, “Modal Sosial Perempuan Dalam Peran Penguatan Ekonomi Keluarga,” J. Pemikir. Sosiol., vol. 1, no. 2, p. 69, 2015, doi: 10.22146/jps.v1i2.23445.