Improvement of Production and Marketing Aspect of Ginger Powder Production through Social Media at MSME in Sarwodadi Village
Corresponding Author(s) : Winny Setyonugroho
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
Abstract
Sarwodadi memiliki potensi alam yang dingin secara tidak langsung mendukung beberapa tanaman rempah seperti jahe, yang menyebabkan tanaman jahe memiliki kualitas yang bagus di Desa Sarwodadi. Beberapa warga yang menanam jahe tidak hanya dijual dalam bentuk mentah, tetapi juga diolah menjadi produk kemasan dalam bentuk bubuk minuman penghangat. Namun penjualan produk bubuk minuman tersebut masih memiliki kendala, oleh karena itu perlu mengadakan program pengabdian masyarakat yang fokus untuk meningkatkan penjualan produk yang dihasilkan oleh UMKM warga Desa Sarwodadi. Pengabdian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kesadaran pelaku UMKM agar bisa memanfaatkan marketplace dan media sosial. Metode pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan cara mengadakan dialog. Hal ini untuk mendapatkan gambaran awal keadaan mitra terkait dengan persoalan, potensi, dan manfaat penjualan. Hasil dari dialog digambarkan bahwa pelaku UMKM produk jahe di Desa Sarwodadi berkeinginan untuk memperluas penjualan. Program yang cocok diputuskan untuk memperluas penjualan melalui marketplace dan media sosial. Namun sebelum itu, tim lapangan berinisiatif mempersiapkan hal yang berkaitan dengan penjualan online. Tim lapangan membuat SOP yang berkaitan langsung dengan standarisasi produk untuk menjaga kualitas yang ada. Rebranding logo dan kemasan diperlukan untuk memperbaharui brand produk agar sesuai dengan zaman. Selanjutnya, tim lapangan mengadakan kegiatan expo dan pelatihan penggunaan marketplace dan media sosial.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- A. Al Azis, “Sarwodadi – Kecamatan Pejawaran,” Kecamatan Pejawaran, 2019. https://pejawaran.banjarnegarakab.go.id/category/desa/sarwodadi/ (accessed Apr. 26, 2022).
- E. Turban, J. Outland, D. King, J. K. Lee, T.-P. Liang, and D. C. Turban, “Marketing and Advertising in E-Commerce,” in Electronic Commerce 2018: A Managerial and Social Networks Perspective, E. Turban, J. Outland, D. King, J. K. Lee, T.-P. Liang, and D. C. Turban, Eds. Cham: Springer International Publishing, 2018, pp. 361–401. doi: 10.1007/978-3-319-58715-8_10.
- E. Tanjung and R. R. N. Sari, “Indef: e-Commerce Dibanjiri Produk Impor, UMKM Terdampak,” Suara.com, Mar. 08, 2021. https://www.suara.com/bisnis/2021/03/08/212806/indef-e-commerce-dibanjiri-produk-impor-umkm-terdampak (accessed Apr. 26, 2022).
- M. S. W. Suliswanto, “PENGARUH PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB) DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) TERHADAP ANGKA KEMISKINAN DI INDONESIA,” J. Ekon. Pembang., vol. 8, no. 2, Art. no. 2, 2010, doi: 10.22219/jep.v8i2.3610.
- S. Hill, F. Provost, and C. Volinsky, “Network-Based Marketing: Identifying Likely Adopters via Consumer Networks,” Stat. Sci., vol. 21, no. 2, pp. 256–276, May 2006, doi: 10.1214/088342306000000222.
- E. P. Karyati, “E-Commerce untuk UMKM Dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia,” Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Sep. 13, 2019. https://bppk.kemenkeu.go.id/content/berita/pusdiklat-keuangan-umum-ecommerce-untuk-umkm-dan-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-2019-11-05-ebe6e220/ (accessed Apr. 26, 2022).
- A. T. Soemohadiwidjojo, SOP & KPI Untuk UMKM & Start Up. RAIH ASA SUKSES.
- S. Purwantisari, S. N. Jannah, D. Handayani, M. E. Yulianto, and A. Ardiansari, “Produksi Serbuk Jamu Instan dengan Alat Kristalisasi di UMKM Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang,” E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 12, no. 3, Art. no. 3, Sep. 2021, doi: 10.26877/e-dimas.v12i3.7070.
- T. Ji et al., “Lockdown Contained the Spread of 2019 Novel Coronavirus Disease in Huangshi City, China: Early Epidemiological Findings,” Clin. Infect. Dis., vol. 71, no. 6, pp. 1454–1460, Sep. 2020, doi: 10.1093/cid/ciaa390.
- Avibe, “10 Big Brand Logo Redesigns from 2020,” Avibe, Jan. 27, 2021. https://www.avibeweb.com/company/blog/10bigbrandlogoredesignsfrom2020/ (accessed Apr. 26, 2022).
References
A. Al Azis, “Sarwodadi – Kecamatan Pejawaran,” Kecamatan Pejawaran, 2019. https://pejawaran.banjarnegarakab.go.id/category/desa/sarwodadi/ (accessed Apr. 26, 2022).
E. Turban, J. Outland, D. King, J. K. Lee, T.-P. Liang, and D. C. Turban, “Marketing and Advertising in E-Commerce,” in Electronic Commerce 2018: A Managerial and Social Networks Perspective, E. Turban, J. Outland, D. King, J. K. Lee, T.-P. Liang, and D. C. Turban, Eds. Cham: Springer International Publishing, 2018, pp. 361–401. doi: 10.1007/978-3-319-58715-8_10.
E. Tanjung and R. R. N. Sari, “Indef: e-Commerce Dibanjiri Produk Impor, UMKM Terdampak,” Suara.com, Mar. 08, 2021. https://www.suara.com/bisnis/2021/03/08/212806/indef-e-commerce-dibanjiri-produk-impor-umkm-terdampak (accessed Apr. 26, 2022).
M. S. W. Suliswanto, “PENGARUH PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB) DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) TERHADAP ANGKA KEMISKINAN DI INDONESIA,” J. Ekon. Pembang., vol. 8, no. 2, Art. no. 2, 2010, doi: 10.22219/jep.v8i2.3610.
S. Hill, F. Provost, and C. Volinsky, “Network-Based Marketing: Identifying Likely Adopters via Consumer Networks,” Stat. Sci., vol. 21, no. 2, pp. 256–276, May 2006, doi: 10.1214/088342306000000222.
E. P. Karyati, “E-Commerce untuk UMKM Dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia,” Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Sep. 13, 2019. https://bppk.kemenkeu.go.id/content/berita/pusdiklat-keuangan-umum-ecommerce-untuk-umkm-dan-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-2019-11-05-ebe6e220/ (accessed Apr. 26, 2022).
A. T. Soemohadiwidjojo, SOP & KPI Untuk UMKM & Start Up. RAIH ASA SUKSES.
S. Purwantisari, S. N. Jannah, D. Handayani, M. E. Yulianto, and A. Ardiansari, “Produksi Serbuk Jamu Instan dengan Alat Kristalisasi di UMKM Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang,” E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 12, no. 3, Art. no. 3, Sep. 2021, doi: 10.26877/e-dimas.v12i3.7070.
T. Ji et al., “Lockdown Contained the Spread of 2019 Novel Coronavirus Disease in Huangshi City, China: Early Epidemiological Findings,” Clin. Infect. Dis., vol. 71, no. 6, pp. 1454–1460, Sep. 2020, doi: 10.1093/cid/ciaa390.
Avibe, “10 Big Brand Logo Redesigns from 2020,” Avibe, Jan. 27, 2021. https://www.avibeweb.com/company/blog/10bigbrandlogoredesignsfrom2020/ (accessed Apr. 26, 2022).