Pelatihan Inovasi Promosi Desa Wisata Kelor Pemanfaatan Media Digital
Corresponding Author(s) : Sugeng Riyanto
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
Abstract
Desa Wisata Kelor merupakan salah satu usaha dari masyarakat di Padukuhan Kelor Kalurahan Bangunkerto, Turi, Sleman, yang telah dirintis sejak 2007. Situs yang ditawarkan oleh desa wisata ini adalah kampung salak, kampung sejarah, aneka tempat outbound dan penginapan. Dalam perkembangannya muncul berbagai kompetitor desa wisata sejenis di Kecamatan Turi seperti, Gadung, Pulesari, Pancoh, Kaliaji dll. Desa wisata sempat mengalami kemandegan oleh sebab pandemi covid-19. Setelah destinasi pariwisata diizinkan kembali beroperasi, desa wisata kelor masih sepi dari pengunjung. Abdimas ini bertujuan untuk memberikan pelatihan promosi wisata menggunakan media sosial agar pengunjung menjadi ramai. Abdimas ini dilakukan dengan metode diskusi problematika desa wisata dan pelatihan tentang media digital sebagai media promosi melalui pengembangan website, youtube dan tiktok. Pengabdian ini berhasil mendiskusikan akar permasalahan desa wisata kelor serta solusi promosi berupa pemanfaatan media digital. Media digital menjadi alternatif promosi wisata yang efektif untuk menarik wisatawan yang mengunjungi desa wisata kelor.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Anak Agusng Istri Andriyani, E. M. (2017, April). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Sosial Budaya Wilayah (Studi Di Desa Wisata Penglipuran Bali). Jurnal Ketahanan Nasional, 23(1), 1-16.
- Faridah, S. a. (2018, Mei-November). Wisata Halal: Perkembangan, Peluang dan Tantangan. Journal of Halal Product and Research (JHPR) , 01(02).
- Indriyani, A. A. (2017, April). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa WIsata Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Sosial Budaya Wilayah. Jurnal Ketahanan Nasional, pp. 1-16.
- Makwa, H. (2019, June). Dampak Pembangunan Pariwisata Teerhadap Perekonomian Masyarakat Lokal di Desa Tanjung Luar Lombok Timur. Jurnal Humanitas, 5(2), pp. 108-125.
- May FA, e. (2020, Pebruari). Wisata Halal Trend Baru Industri. Jurnal Penelitian, 14(1).
- Pamungkas, B. A. (2016). Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Words Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian, Studi Kasus Pada Kedai Bontacos Jombang. Komunikasi, X(2).
- Wahyuni, D. (2018, June). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial , 9(1).
References
Anak Agusng Istri Andriyani, E. M. (2017, April). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Sosial Budaya Wilayah (Studi Di Desa Wisata Penglipuran Bali). Jurnal Ketahanan Nasional, 23(1), 1-16.
Faridah, S. a. (2018, Mei-November). Wisata Halal: Perkembangan, Peluang dan Tantangan. Journal of Halal Product and Research (JHPR) , 01(02).
Indriyani, A. A. (2017, April). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa WIsata Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Sosial Budaya Wilayah. Jurnal Ketahanan Nasional, pp. 1-16.
Makwa, H. (2019, June). Dampak Pembangunan Pariwisata Teerhadap Perekonomian Masyarakat Lokal di Desa Tanjung Luar Lombok Timur. Jurnal Humanitas, 5(2), pp. 108-125.
May FA, e. (2020, Pebruari). Wisata Halal Trend Baru Industri. Jurnal Penelitian, 14(1).
Pamungkas, B. A. (2016). Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Words Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian, Studi Kasus Pada Kedai Bontacos Jombang. Komunikasi, X(2).
Wahyuni, D. (2018, June). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial , 9(1).