Pengembangan UMKM di Masa Pandemi Bersama Nasyiatul Aisyiyah Moyudan melalui Digital Marketing
Corresponding Author(s) : Vella Lailli Damarwati
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
Abstract
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam pertumbuhan perekonomian masyarakat di Indonesia. UMKM memiliki kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada. Namun pandemi Covid-19 saat ini telah membuat ketidakstabilan dalam pertumbuhan UMKM. Mayoritas pendapatan pelaku UMKM mengalami penurunan akibat kondisi pandemi Covid-19. Oleh karena itu dibutuhkan strategi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi UMKM terutama selama pandemi Covid-19, salah satunya dengan penerapan konsep digital marketing. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya pemanfaatan media online untuk digital marketing serta melakukan pelatihan bagaimana pemanfaatan media online seperti Whatsapp, Instagram, platform online lainnya dalam usaha digital marketing. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah ceramah untuk memberikan sosialisasi pentingnya pemanfaatan media sosial dalam digital marketing dan metode tutorial untuk pendampingan pelatihan pembuatan media sosial. Luaran yang dihasilkan adalah publikasi artikel di media massa, publikasi video di youtube, publikasi di seminar pengabdian masyarakat dan publikasi di prosiding atau jurnal pengabdian masyarakat.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Abdul, H. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, Vol 1, No 2.
- Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatulla, A. W. (2020). Pelatihan Digital marketing Pada Umkm Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 88-92.
- Anggraeni Feni Dwi, H. I. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal . Jurnal Administrasi Publik (Jap), Vol 1. 1286-1295.
- Bambang, A. (2020). Pengembangan Umkm Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Atrabis: Jurnal Administrasi Bisnis , Vol 6, No 2.
- Https://Dataumkm.Slemankab.Go.Id/. (2021). Retrieved From Https://Dataumkm.Slemankab.Go.Id/: Https://Dataumkm.Slemankab.Go.Id/Portalv2
- Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 108 – 123.
- S, N. (2017). Digital Entrepreneurship: Toward A Digital Technology Perspective Of Entrepreneurship. Entrepreneurship Theory And Practice, 41(6), 1029-1055.
- Sarfiah Sudati Nur, A. H. (2019). Umkm Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa Msmes The Pillar For Economy. Jurnal Rep (Riset Ekonomi Pembangunan), Vol 4. Hal 137-146.
- Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Sambal Di Jawa Timur. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 298–309.
- Undari Wika, L. A. (2021). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat . Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, Vol 6, No1, Hal 32-38.
References
Abdul, H. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, Vol 1, No 2.
Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatulla, A. W. (2020). Pelatihan Digital marketing Pada Umkm Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 88-92.
Anggraeni Feni Dwi, H. I. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal . Jurnal Administrasi Publik (Jap), Vol 1. 1286-1295.
Bambang, A. (2020). Pengembangan Umkm Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Atrabis: Jurnal Administrasi Bisnis , Vol 6, No 2.
Https://Dataumkm.Slemankab.Go.Id/. (2021). Retrieved From Https://Dataumkm.Slemankab.Go.Id/: Https://Dataumkm.Slemankab.Go.Id/Portalv2
Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 108 – 123.
S, N. (2017). Digital Entrepreneurship: Toward A Digital Technology Perspective Of Entrepreneurship. Entrepreneurship Theory And Practice, 41(6), 1029-1055.
Sarfiah Sudati Nur, A. H. (2019). Umkm Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa Msmes The Pillar For Economy. Jurnal Rep (Riset Ekonomi Pembangunan), Vol 4. Hal 137-146.
Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Sambal Di Jawa Timur. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 298–309.
Undari Wika, L. A. (2021). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat . Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, Vol 6, No1, Hal 32-38.