Pemberdayaan Umkm Kuliner Desa Wisata Garden Vilage Turen Sardonoharjo
Corresponding Author(s) : Sunarno Sunarno
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
Abstract
Kondisi pandemi covid19 pada tahun 2021 telah memberikan dampak pertumbuhan ekonomi di DIY sebesar -3,45. Pemerintah berupaya mendongkrak pertumbuhan melalui kekuatan sektor UMKM yang paling potensial dan dibutuhkan yaitu Pertanian dan industri olahan khususnya di pedesaan. Permasalahan ini mengangkat pemberdayaan UMKM berbasis IT UMKM KULINER DESA WISATA GARDEN VILLAGE TUREN di desa Sardonoharjo berupa masih lemahnya tata kelola Administrasi usaha dan lemahnya pemasaran produk UMKM di proyek kawasan wisata Desa Wisata GARDENT VILLAGE di Dusun Turen yang kebanyakan masih melalui jalur traditional market. Solusi atau Metode yang dipakai dalam program ini adalah konseling tata kelola Administrasi usaha dan pendampingan pembuatan digital marketing. Kegiatan program ini untuk permasalahan satu dengan mengadakan forum konsultasi dan bimbingan tata kelola Administrasi usaha, sedangkan untuk skema 2 dengan kegiatan yang berupa workshop pembuatan profil usaha dan mengupload profil ke website.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- A.O Siagian, Yoyok Cahyono, “Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif”, Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis, Vol. 3 No. 1, 2021, hal 12
- Bambang Arianto, “Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid”, ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 6 No. 2, 2020, hal. 5
- D A. Kuasa, Erni, H.S. Disemadi, “URGENSI PENDAFTARAN MEREK BAGI UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA”, Jurnal Yustisiabel, Vol. 6 No. 1, 2022, hal 9
- G. N. Khaerudin, Kholil Nawawi dan Abrista Devi, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PEDAGANG KAKI LIMA DI DESA BANTAR JAYA BOGOR)”, Jurnal Akrab Juara, Vo. 5 No. 4, 2020, hal 11
- Indah Andayani, M.V. Roesminingsih, Wiwin Yulianingsih, “Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Pendidikan Nonformatif, Vo. 16 No. 1, 2021, hal 6
- Kesi Widjajanti, “Model Pemberdayaan Masyarakat”, Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. 12 No. 1, 2011, hal 10
- Munawar Noor, “Pemberdayaan Masyarakat”, Jurnal Ilmiah CIVIS, Vol. 1 No. 2, 2011, hal 5
- Nadia Wulandari, Nurlita Ramadhan dkk, “Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Ikatan Remaja Masjid Rt.04 Loa Kulu” Kumawula:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vo. 3 No.3, 2020, hal 11
- Puji Pramesti, Andina Dwijayanti dkk, “Transformasi Bisnis Digital UMKM Bola Ubi Kopong di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Administrasi Bisnis, Vl. 7 No. 2, 2021, hal 5
- Rahmi Rosita, “Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia”, Jurnal Lentera Bisnis, Vol. 9 No. 2, 2020, hal 3
- Shafira Nabilah, Muhammad Nursan, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm (Studi Kasus Umkm Zea Food Di Kota Mataram)”, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1 No. 12, 2021, hal 7
- W. C. Anggraeni, “Kebijakan Pemerintah Dalam Pemberdayaan UMKMDi Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia”, Journal of Government and Politics, Vol. 3 No. 1, 2021, hal 6
References
A.O Siagian, Yoyok Cahyono, “Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif”, Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis, Vol. 3 No. 1, 2021, hal 12
Bambang Arianto, “Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid”, ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 6 No. 2, 2020, hal. 5
D A. Kuasa, Erni, H.S. Disemadi, “URGENSI PENDAFTARAN MEREK BAGI UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA”, Jurnal Yustisiabel, Vol. 6 No. 1, 2022, hal 9
G. N. Khaerudin, Kholil Nawawi dan Abrista Devi, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PEDAGANG KAKI LIMA DI DESA BANTAR JAYA BOGOR)”, Jurnal Akrab Juara, Vo. 5 No. 4, 2020, hal 11
Indah Andayani, M.V. Roesminingsih, Wiwin Yulianingsih, “Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Pendidikan Nonformatif, Vo. 16 No. 1, 2021, hal 6
Kesi Widjajanti, “Model Pemberdayaan Masyarakat”, Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. 12 No. 1, 2011, hal 10
Munawar Noor, “Pemberdayaan Masyarakat”, Jurnal Ilmiah CIVIS, Vol. 1 No. 2, 2011, hal 5
Nadia Wulandari, Nurlita Ramadhan dkk, “Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Ikatan Remaja Masjid Rt.04 Loa Kulu” Kumawula:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vo. 3 No.3, 2020, hal 11
Puji Pramesti, Andina Dwijayanti dkk, “Transformasi Bisnis Digital UMKM Bola Ubi Kopong di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Administrasi Bisnis, Vl. 7 No. 2, 2021, hal 5
Rahmi Rosita, “Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia”, Jurnal Lentera Bisnis, Vol. 9 No. 2, 2020, hal 3
Shafira Nabilah, Muhammad Nursan, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm (Studi Kasus Umkm Zea Food Di Kota Mataram)”, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1 No. 12, 2021, hal 7
W. C. Anggraeni, “Kebijakan Pemerintah Dalam Pemberdayaan UMKMDi Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia”, Journal of Government and Politics, Vol. 3 No. 1, 2021, hal 6