Peningkatan Penjualan Usaha “Ingkung Ayam” melalui Digital Marketing di Dusun Bunder II, Kulon Progo
Corresponding Author(s) : Indardi Indardi
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
Abstract
Pengabdian program KKN PPM bertujuan membantu mengembangkan UMKM melalui kegiatan secara fisik maupun non fisik, dalam memperluas pasar ”ingkung ayam”. Metode yang digunakan meliputi: penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan. Sasaran program adalah pelaku usaha “ingkung ayam” yang ada didusun Bunder II Desa Banaran. Program yang dilakukan 1) pemberian penyuluhan untuk memotivasi pelaku usaha dan pemberian pengetahuan penggunaan aplikasi media sosial, 2) pelatihan untuk memberikan keterampilan praktis dalam menggunakan aplikasi digital marketing, serta 3) memberikan pendampingan setelah pelatihan dalam implementasi penggunaan teknologi digital marketing untuk keberlanjutan pemasaran secara online. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa penyuluhan motivasi dan pengetahuan media sosial diikuti secara sungguh-sungguh. Pelatihan praktek penggunaan aplikasi media sosial facebook, Instagram dan whatsapp business juga diikuti dengan sungguh-sungguh dari awal sampai akhir. Pendampingan setelah penyuluhan dan pelatihan digital marketing juga diikuti oleh pelaku usaha “ingkung ayam” dengan baik. Pelaku usaha bisa mandiri menggunakan aplikasi facebook, Instagram, dan whatsapp business untuk memasarkan produknya. Disarankan perlu pembinaan setelah pengabdian oleh pemerintah desa agar keberlanjutan pengembangan pasar online yang dilakukan oleh pelaku usaha “ingkung ayam” tetap bisa berjalan dengan baik.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX