Pengembangan Usaha Emping Ketela Agar Bangkit Di Era Pandemi
Corresponding Author(s) : Muchammad Ichsan
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
Abstract
Penurunan produksi dan pemasaran dihadapai oleh sebagian besar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di era pandemi Covid-19. Namun kelompok usaha biasanya lebih tangguh dan fleksibel dalam menghadapi perubahan sekarang ini dibandingkan dengan industri besar. UMKM menjadi penyelamat dalam perekonomian kita karena mampu menopang sebagian hidup masyarakat kecil. Dari hasil survey dan wawancara dengan mitra yang bergerak dalam emping ketela dapat diketahui bahwa mitra juga mempunyai keterbatasan dalam pemahaman berbisnis di era pandemi serta dalam melakukan pemasaran produk. Permasalahan yang bisa diidentifikasi antara lain: 1) kurang semangat dan bergairahnya mitra untuk kembali berbisnis, 2) Packing yang masih kurang baik, dan 3) Pemasaran yang masih bersifat konvensional atau belum berbasis digital. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra tersebut diberikan solusi yang meliputi: 1) pelatihan manajemen usaha di era pandemi, 2) memberikan peralatan untuk menunjang packing agar lebih menarik, 3) membuat media promosi berbasis digital dan media sosial, dan 4) melakukan pendampingan manajemen untuk dapat memasarkan produk lebih ekspansif serta membuat jaringan pemasaran yang lebih luas. Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian masyarakat ini bahwa UMKM kembali bergairah untuk berproduksi dan memasarkan produknya, UMKM mampu untuk melakukan pemasaran dengan menggunakan teknologi informasi, dan UMKM dapat memperluas pangsa pasarnya.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Amir, Faisal, (2014), Kreativitas dan Inovasi dalam Bisnis: Menggali potensi diri untuk berkreasi dan berinovasi, Jakarta: Mitra Wacana Media.
- Coviello, N., Milley, R. and Marcolin, B. (2001), “Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing”, Journal of Interactive Marketing, vol. 15 No. 4, pp. 18-33.
- Nurjanah, Adhiaty, Nano Prawoto, dan Iswanto, 2022, Digital Marketing Produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Lurik Mozaik, Berdikari, Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, Vol. 10, No. 1, pp. 50-58.
- Tarigan, Joshua dan Sanjaya, Ridwan (2009), Creative Degital Marketing, Jakarta: Elek Media Komputindo.
- Tholib, Moch, Mutamimah dan Ida Zahara Adibah, 2021, “Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan Era Covid-19 bagi Pengusaha Aisyiyah”, Berdikari, Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, Vol. 9 No.2, pp. 212-226.
- Urban, Glen L, (2004), Digital Marketing Strategy: Text and Cases, New York: Person Education.
- Widjaja, Yeni Restiyani, dan Widi Winarso, (2015), Bisnis Kreatif dan Inovatif, Jakarta: Yayasan Bercode.
- Zaenuri, Muchamad, 2016, “Pengembangan Pemasaran Makanan Berbahan Baku Ketela Untuk Mendukung Wisata Kuliner Di Yogyakarta”, Berdikari, Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, Vol. 4, No. 1, pp. 31-43.
- Zaenuri, Muchamad, 2021, “Penerapan Fermentasi Pakan Ternak dan Pemasaran Online untuk Meningkatkan Pendapatan Petani”, PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 6, No. 3, pp. 280-284.
References
Amir, Faisal, (2014), Kreativitas dan Inovasi dalam Bisnis: Menggali potensi diri untuk berkreasi dan berinovasi, Jakarta: Mitra Wacana Media.
Coviello, N., Milley, R. and Marcolin, B. (2001), “Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing”, Journal of Interactive Marketing, vol. 15 No. 4, pp. 18-33.
Nurjanah, Adhiaty, Nano Prawoto, dan Iswanto, 2022, Digital Marketing Produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Lurik Mozaik, Berdikari, Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, Vol. 10, No. 1, pp. 50-58.
Tarigan, Joshua dan Sanjaya, Ridwan (2009), Creative Degital Marketing, Jakarta: Elek Media Komputindo.
Tholib, Moch, Mutamimah dan Ida Zahara Adibah, 2021, “Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan Era Covid-19 bagi Pengusaha Aisyiyah”, Berdikari, Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, Vol. 9 No.2, pp. 212-226.
Urban, Glen L, (2004), Digital Marketing Strategy: Text and Cases, New York: Person Education.
Widjaja, Yeni Restiyani, dan Widi Winarso, (2015), Bisnis Kreatif dan Inovatif, Jakarta: Yayasan Bercode.
Zaenuri, Muchamad, 2016, “Pengembangan Pemasaran Makanan Berbahan Baku Ketela Untuk Mendukung Wisata Kuliner Di Yogyakarta”, Berdikari, Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, Vol. 4, No. 1, pp. 31-43.
Zaenuri, Muchamad, 2021, “Penerapan Fermentasi Pakan Ternak dan Pemasaran Online untuk Meningkatkan Pendapatan Petani”, PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 6, No. 3, pp. 280-284.