Strategi Pemasaran Produk Jahe Merah Celup Kwt Barokah Trihanggo Pada Masa Pandemi
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperluas pemasaran UMKM di Padukuhan Ngawen, Kelurahan Trihanggo, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Yogyakarta yang dilakukan oleh Pengabdi dan KWT Awen Sari. Untuk mengetahui perluasan pemasaran yang dilakukan UMKM dalam meningkatan pasar UMKM Jahe Merah Celup. Pemasaran dilakukan secara offline didaerah kelurahan Trihanggo oleh Pengabdi , hal ini dilakukan untuk mempermudah anggota UMKM mengontrol produk yang dititipkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan anggota Pengabdi. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling, penulis mengumpulkan data dengan wawancara mendalam, dokumentasi, serta memberikan satu sample produk kepada toko yang akan bekerja sama dengan UMKM tersebut. Pengabdi juga mempersiapkan surat perjanjian kerjasama antara UMKM dan pihak took yang akan dititipkan produk jahe merah celup. Hal ini akan menjadi pedoman dua belah pihak dalam bekerja sama sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dimasa yang akan datang.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Citrosupomo, Gembong. (1923). Taksonomi Tumbuhan (Spermatophyta). Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
- Iskandar, S., Daryanto, A., & Nurrochmat, D. (2016). Strategi Pemasaran Produk Olahan Jahe Merah (Studi Kasus Pada Pt Performa Qualita Mandiri). Risalah Kebijakan Pertanian Dan Lingkungan, 162-173.
- K. Putri, Maria. (2020). Khasiat dan Manfaat Jahe Merah. Semarang: Alprin.
- Lentera, T. (2002). Khasiat dan Manfaat Jahe Merah Si Rimpang Ajaib. Jakarta: Agromedia.
- Aminah, S. (2018). Transportasi Publik dan Aksesbilitas Masyarakat Perkotaan. Jurnal Teknik Sipil, 9(1), 1142-1155.
- B
- Komara, B., & Sudarma, A. (2016). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Full Costing Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Pada Cv Salwa Meubel. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi (Jurnal Akuasry, A., & Sari, E. M. (2018). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer Dan Informatika, 2(3), 53-60.ntansi, Pajak dan Manajemen), 5(9), 18-29.
- Lubis, T. A. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 3(3), 163-174.
- Nurjanah, S. & Abadi, F. (2019). Pengembangan Wirausaha Budi Daya dan Pemasaran Jahe Merah. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 61 - 66.
- Nurani, T. W., Astarini, J. E., & Astarini, M. N. (2011). Sistem Penyediaan Dan Pengendalian Kualitas Produk Ikan Segar di Hypermarket. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 14(1).
- Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2019). Peran Pemasaran dalam Kegiatan Usaha pada Masyarakat di Desa Jatibaru, Cikampek. JABE (Journal of Applied Business and Economics), 5(2), 82-96.
References
Citrosupomo, Gembong. (1923). Taksonomi Tumbuhan (Spermatophyta). Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Iskandar, S., Daryanto, A., & Nurrochmat, D. (2016). Strategi Pemasaran Produk Olahan Jahe Merah (Studi Kasus Pada Pt Performa Qualita Mandiri). Risalah Kebijakan Pertanian Dan Lingkungan, 162-173.
K. Putri, Maria. (2020). Khasiat dan Manfaat Jahe Merah. Semarang: Alprin.
Lentera, T. (2002). Khasiat dan Manfaat Jahe Merah Si Rimpang Ajaib. Jakarta: Agromedia.
Aminah, S. (2018). Transportasi Publik dan Aksesbilitas Masyarakat Perkotaan. Jurnal Teknik Sipil, 9(1), 1142-1155.
B
Komara, B., & Sudarma, A. (2016). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Full Costing Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Pada Cv Salwa Meubel. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi (Jurnal Akuasry, A., & Sari, E. M. (2018). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer Dan Informatika, 2(3), 53-60.ntansi, Pajak dan Manajemen), 5(9), 18-29.
Lubis, T. A. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 3(3), 163-174.
Nurjanah, S. & Abadi, F. (2019). Pengembangan Wirausaha Budi Daya dan Pemasaran Jahe Merah. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 61 - 66.
Nurani, T. W., Astarini, J. E., & Astarini, M. N. (2011). Sistem Penyediaan Dan Pengendalian Kualitas Produk Ikan Segar di Hypermarket. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 14(1).
Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2019). Peran Pemasaran dalam Kegiatan Usaha pada Masyarakat di Desa Jatibaru, Cikampek. JABE (Journal of Applied Business and Economics), 5(2), 82-96.