REVITALISASI TPA BAITUL MAGHDIS MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA MUSIK
Corresponding Author(s) : Mutia Hariati Hussin
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2020: 5. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Perkembangan globalisasi menjadi tantangan bagi generasi muda Indonesia untuk bersaing dan menjaga karakter bangsa yang luhur, religius, dan berbudaya. Dengan mayoritas penduduk beragama Islam, pendidikan keagamaan dan akhlak berkontribusi bagi pengembangan karakter masyarakat Indonesia dan perlu diberikan sejak dini. Pengurus PKK RT 03 Karang Tengah sejak 2019 menginisiasi TPA Baitul Maghdis sebagai wadah untuk mempersiapkan generasi muda dengan bekal agama dan akhlak yang baik bagi anak. Namun, dalam perkembangannya, tingkat kehadiran dan konsentrasi pada pembelajaran TPA para santri berkurang. Hal ini diduga karena keterbatasan jumlah guru, kegiatan yang belum terencana sistematis karena belum ada kurikulum, dan kegiatan yang kurang variasi. Penyelesaian permasalahan tersebut dilakukan 3 (tiga) hal, yaitu Trining for Trainer (TOT) bagi pengurus RT untuk menyediakan alternatif pengajar, Forum Group Discussion (FGD) untuk penyusunan kurikulum TPA , dan menyediakan variasi media musik untuk variasi kegiatan pembelajaran dan sarana menarik perhatian peserta untuk datang TPA. Luaran dari kegiatan ini adalah tersedianya kurikulum TPA, peningkatan jumlah dan kapasitas pengurus dan pengajar, dan tersedianya alat musik rebana dan keterampilan penggunaannya. Meskipun terkendala akibat Covid -19, hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan jumlah pengajar dan kehadiran santri.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX