Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Inovasi Dakwah Muhammadiyah di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tempel, Sleman, Yogyakarta
Corresponding Author(s) : Sugeng Riyanto
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 6. Digitalisasi Syiar Islam
Abstract
Era industri 4.0, ditandai dengan digitalisasi dalam berbagai bidang, termasuk dalam komunikasi dan penyiaran Islam (dakwah). Berbagai lembaga dakwah dalam naungan organisasi massa yang besar maupun para da’i yang populer, lebih banyak memilih jalur dakwah digital dibandingkan dengan model analog ataupun pertemuan yang bersifat luring. Dakwah digital dapat disebarkan melalui berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, maupun Whatsapp. Dakwah digital mempunyai keunggulan yakni biaya yang lebih murah, jangkauan yang lebih luas serta lebih dapat terencana dengan baik, terutama untuk menghindari kesalahan spontan. Pengabdian ini bertujuan untuk melatih Angkatan Muda Muhammadiyah di PCM Tempel, untuk melakukan dakwah melalui media digital. Metode yang dipakai dalam kegiatan ini adalah diskusi dan pelatihan untuk membuat konten dalam melaksanakan dakwah digital aik melalui poster, podcast maupun video. Kegiatan ini diikuti oleh 15 Anggota AMM Tempel yang akan bertanggung jawab untuk melakukan dakwah digital di lingkungan PCM Tempel. Narasumber dari materi konten dapat diambil dari para ustadz atau ustadzah, pimpinan cabang, atau tokoh Muhammadiyah.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Baidowi, A. (2015, December). Prinsip-Prinsip Dakwah Tanpa Kekerasan Dalam Al Qur'an. Hermeneutik, 9(2), 151 -172.
- Dadan Suherdiana, E. M. (2018). The Da'wah of Nahdlatul Ulama and Muhammadiyah in Social Media of Facebook. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 12(2).
- DIna Mizanie, I. (2019, September). Penggunaan Social Network Site (SNS) Instagram Sebagai Media. Jurnal Komunikasi, 10(2), pp. 89 -98.
- Iphin, C. (2021). Haedar Nashir: Muhammadiyah Ketinggal di Digital dan Online. Retrieved 01 12, 2022, from https://news.schmu.id/muhammadiyah-ketinggalan-di-digital/
- Lina Ayu Safitri, C. B. (2021, December). Analisa Kebijakan Pemberlakuan PPKM Pada masa Pandemi Covid 19 Terhadap Industri SkalaKecil dan Menengah di Sleman. Daya Saing, 23(2), pp. 97 -107.
- M. Hazmi, D. W. (2020). Ideologi Muhammadiyah. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.
- Muhaemin, E. (2017). Dakwah Digital Akademisi Dakwah. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(2), 347 - 356.
- Mulawarman, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau Dari Perspektif Psiko Sosial Terapan. Bulletin Psikologi, 25(1), pp. 36 - 44.
- Mulyadi, M. (2021, AGustus). PENERAPAN PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT UNTUK MENEKAN LAJU PENYEBARAN COVID 19. INFO SINGKAT, XIII(16).
- Sintiawati, N. (2020). Perilaku Masyarakat Dalam Menggunakan Media Digital di Era Pandemi. Jurnal AKRABI, XI(2).
References
Baidowi, A. (2015, December). Prinsip-Prinsip Dakwah Tanpa Kekerasan Dalam Al Qur'an. Hermeneutik, 9(2), 151 -172.
Dadan Suherdiana, E. M. (2018). The Da'wah of Nahdlatul Ulama and Muhammadiyah in Social Media of Facebook. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 12(2).
DIna Mizanie, I. (2019, September). Penggunaan Social Network Site (SNS) Instagram Sebagai Media. Jurnal Komunikasi, 10(2), pp. 89 -98.
Iphin, C. (2021). Haedar Nashir: Muhammadiyah Ketinggal di Digital dan Online. Retrieved 01 12, 2022, from https://news.schmu.id/muhammadiyah-ketinggalan-di-digital/
Lina Ayu Safitri, C. B. (2021, December). Analisa Kebijakan Pemberlakuan PPKM Pada masa Pandemi Covid 19 Terhadap Industri SkalaKecil dan Menengah di Sleman. Daya Saing, 23(2), pp. 97 -107.
M. Hazmi, D. W. (2020). Ideologi Muhammadiyah. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.
Muhaemin, E. (2017). Dakwah Digital Akademisi Dakwah. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(2), 347 - 356.
Mulawarman, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau Dari Perspektif Psiko Sosial Terapan. Bulletin Psikologi, 25(1), pp. 36 - 44.
Mulyadi, M. (2021, AGustus). PENERAPAN PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT UNTUK MENEKAN LAJU PENYEBARAN COVID 19. INFO SINGKAT, XIII(16).
Sintiawati, N. (2020). Perilaku Masyarakat Dalam Menggunakan Media Digital di Era Pandemi. Jurnal AKRABI, XI(2).