PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAN-ANAK DESA TRAYU DI MASA PANDEMI DENGAN PENINGKATAN INTRINSIC MOTIVATION
Corresponding Author(s) : Andi Wirantaka
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Pembelajaran online yang dipicu pandemi Covid-19 mengakibatkan perubahan penyelenggaraan pendidikan dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring (online). Pelaksanaan pembelajaran daring yang sudah berlangsung selama lebih dari satu tahun berdampak pada menurunnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan sebuah studi yang berdasarkan program pengabdian masyarakat yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di desa Trayu dengan meningkatkan intrinsic motivation dengan pendekatan cita-cita. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Tempat penelitian ini adalah dusun Trayu, Ngargosari, Samigaluh, Kulonprogo. Partisipan dalam penelitian ini adalah 25 anak dusun Trayu yang tergabung di dalam TPA Trabiyatul Atfal. Metode pengambilan data adalah dengan angket dan analisis data dengan uji beda (t-test). Hasil dari treatment menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan dari hasil angket sebelum dan sesudah treatment dengan p value: 0.00. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan intrinsic motivation dapat meningkatkan motivasi belajar. Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa usaha peningkatan intrinsic motivation bisa diupayakan dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar anak, terutama dalam pembelajaran online.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX