OPTIMALISASI PERAN DAN KOMPETENSI GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN DI MASA PANDEMI COVID-19
Corresponding Author(s) : Novia Fetri Aliza
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 6. Digitalisasi Syiar Islam
Abstract
Masyarakat Indonesia diharuskan melakukan penyesuaian diri hampir di seluruh aspek kehidupan karena efek pandemi covid-19, mulai dari penyesuaian gaya hidup, perekonomian, pendidikan dan sosial masyarakat. Kebiasaan masyarakat yang mayoritas Muslim ini juga mengalami perubahan, terutama dalam proses internalisasi nilai-nilai Islam kepada anak-anak. Biasanya anak-anak diajarkan mengenal, membaca serta memahami Al Qur'an di TPA (Taman Pendidikan Al Qur'an) namun sejak adanya pandemi covid-19 ini TPA kerap kali libur dari aktivitasnya karena mencegah terjadinya perluasan penularan virus. TPA Syifaulqlbi juga mengalami kesulitan dalam mempertahankan aktivitas mengajarkan Alquran kepada santri, sehingga sudah memasuki tahun ke dua santri tidak lagi belajar Alqur’an. selain permasalahan pandemi yang menjadi penghambat proses mengajarkan qur’an, faktor kdua adalah bersumber dari guru, yaitu kurangnya kompetensi guru dalam mengemas aktivitas belajar mengajar yang menarik minat santri. Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar santri TPA di masa Pandemi. Metode pendampingan yang dilakukan adalah memberikan pelatihan terkait teknik mengajar qur’an untuk anak usia 2-15 tahun, kompetensi yang harus dimiliki guru, dan langkah-langkah mengajar di masa pandemi termasuk bimbingan teknis menggunakan sarana virtual meeting. Hasil yang diperoleh dari pendampingan ini adalah memunculkan insight baru semua guru bahwa mengajarkan qur’an kepada santri tidak boleh berhenti meskipun pada masa pandemi, lebih dari 75% guru yang hadir menemukan metode mengajar yang sesuai untuk santrinya yaitu metode drive thru dan pembuatan video pendek sebagai sarana santri belajar di rumah. Meskipun metode drive thru ini belum diujicobakan di TPA syifaulqalbi, tetapi pengurus dan guru optimis bisa menerapkannya dengan optimal. Guru juga menyampaikan melalui pendampingan ini telah mendapatkan pengetahuan baru terkait metode mengajar yang menarik untuk santri yang berusia 2-15 tahun yang sebelumnya tidak mereka ketahui.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX