Pemberdayaan Remaja Masjid sebagai Fasilitator Pembelajaran Bahasa Arab
Corresponding Author(s) : Erma Febriani
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2020: 5. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Pengabdian ini dilaksanakan di Dusun Temusari dan Tritis. Tujuan pengabdian untuk meningkatkan semangat belajar bahasa Arab pada diri anak-anak TPA dan memberikan berbagai pengalaman dan pencerahan baru yang dapat menjadi motivasi baru dalam proses pembelajaran bahasa Arab bagi pengelola TPA dan remaja masjid sebagai fasilitator bahasa Arab dengan melalui pelatihan penggunaan media permainan seperti Bingo, Scrabble, dan memberikan software program pembelajaran bahasa Arab Interaktif. Mitra yang menjadi sasaran dalam program pengabdian ini adalah Kepala TPA Tritis, Remaja Masjid Tritis, dan anak-anak TPA Tritis dan Temusari. Jumlah peserta kurang lebih 60 peserta yang terdiri dari 5 fasilitator dan 55 anak-anak TPA. Hasil dari pengabdian yang dilakukan menunjukkan bahwa media permainan yang digunakan dalam pelatihan sangat menarik minat peserta didik yang masih dalam tahap awal belajar bahasa Arab. Hal tersebut ditunjukkan dengan antusiasme peserta didik dalam menggunakan media tersebut dan berdasarkan diagram prosentase respons peserta mengenai media permainan bahasa Arab yang digunakan dalam pelatihan. Hasil kuisioner menunjukkan bahwa 40% peserta setuju, 40% peserta sangat setuju, 2 % peserta menjawab sangat tidak setuju dan 18 % tidak setuju, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa media permainan bisa menarik dan membuat peserta aktif dalam belajar.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX