PELATIHAN BAGI GURU MENGENAI PEMAHAMAN KETERAMPILAN SOSIO-SEKSUAL REMAJA BERKEBUTUHAN KHUSUS
Corresponding Author(s) : Gusti Yuli Asih
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2020: 5. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Remaja berkebutuhan khusus mengalami perkembangan yang sama dengan remaja pada umumnya, terutama terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan akan sisi seksualitasnya. Berbeda dengan remaja pada umumnya, remaja berkebutuhan khusus harus senantiasa dibimbing dan diajarkan mengenai seksualitas karena keterbatasan pemahamannya. Guru mempunyai peranan penting dalam program pengajaran tersebut, tetapi masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman mengenai seksualitas, terutama keterampilan sosio-seksual pada remaja berkebutuhan khusus. Maka dari itu, tim pengabdian Fakultas Psikologi Universitas Semarang tergerak untuk memberikan program pelatihan bagi guru mengenai keterampilan sosio-seksual remaja berkebutuhan khusus berikut metode yang digunakan. Harapan pelatihan adalah guru mempunyai pencerahan bagaimana menangani dan mengajari siswa berkebutuhan khusus terkait dengan keterampilan sosio-seksual yang berfungsi dalam kehidupan sehari-hari. Metode pelaksanaan program pengabdian ini adalah dengan ceramah dan simulasi yang ditambah dengan pre-test serta post-test untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman guru mengenai keterampilan sosio-seksual dan metode pengajarannya. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan pemahaman kepada guru mengenai metode pengajaran supaya remaja berkebutuhan khusus dapat berperilaku sosio-seksual secara lebih tepat.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX