Peningkatan Pemasaran Hasil UMKM Di Era Pandemi Covid 19
Corresponding Author(s) : Erma Febriani
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa( BUMDES)
Abstract
Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan secara blanded, yakni offline dan online dengan target produsen tempe. Tujuan khusus yang ingin dicapai dari kegiatan program kemitraan masyarakat ini adalah meningkatkan produktivitas mitra, meningkatkan pendapatan mitra dan memperluas pemasaran produk dari mitra, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dari kegiatan tersebut dan tempe tidak terjual dengan harga murah. Metode yang dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut adalah metoda deskriptif melalui pendekatan dan usaha komprehenship pada aspek sosial, budaya, religi, mutu layanan dan kehidupan bermasyarakat terhadap produksi tempe melalui penyuluhan dan pelatihan dengan menggunakan zoom mengenai produksi tempe. Hasil kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka pencapaian tujuan tersebut adalah pembuatan tempe yang higienis, pelatihan pemasaran produk online, pelatihan pembukuan dan budgeting, pengenalan media online, pembuatan plang produsen tempe, pembuatan design label produk tempe, pencetakan label dan packaging.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX