PENDAMPINGAN USAHA SEBAGAI WUJUD PEMANFAATAN SAWAH UNTUK DAYA TARIK WISATA
Corresponding Author(s) : Laila Ma’rifatul Azizah
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa( BUMDES)
Abstract
Kopi Plataran Oemah merupakan sebuah usaha yang dikembangakan dengan unsur tema rumahan yang menyuguhkan keindahan alam pegunungan dan sawah yang berdiri pada Oktober 2020. Usaha ini memiliki lokasi yang sangat strategis karena berdekatan dengan lokasi wisata di Desa Sriharjo Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul. Namun, dikarenakan usaha masih baru sehingga diperlukan pengembangan usaha serta promosi secara intensif. Oleh karena itu maka pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan dan melakukan promosi secara online Kopi Plataran Oemah. Metode yang dilakukan yaitu dengan cara memberikan sosialisasi dan pelatihan dalam hal desain logo dan pemanfaatan pemasaran online melalui media sosial. Pelatihan ini diikuti oleh pemilik usaha Wedang Uwuh Maremi yaitu Ibu Murjilah yang berlangsung di lokasi Kopi Plataran Omah. Target dari program ini yaitu meningkatkan kapasitas SDM dalam kemampuan mengelola dan promosi agar lebih luas melalui media massa. Adapun luaran dari pengabdian yaitu adanya model logo branding yang lebih menarik serta pemanfaatan media massa sebagai media pemasaran online untuk meningkatkan promosi.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX