PENDAMPINGAN PRAKTIK BAHASA INGGRIS BAGI SANTRI MADRASAH MUALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Corresponding Author(s) : Yordan Gunawan
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Belajar bersama penutur asli (native speaker) merupakan salah satu metode pembelajaran bahasa Inggris terbaik. Kegiatan peningkatan kualitas Bahasa Inggris ini dilakukan bersama antara Tim Pengabdi, Kantor Urusan Internasional Lembaga Kerja Sama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta dan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dimana santri Muallimat sebagai objek. Masalah pokok yang dihadapi santri secara umum adalah sulitnya mendapat kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan penutur Bahasa asing di luar lingkungan Madrasah Muallimat, terutama penutur asli, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Keberadaan mahasiswa asing di lingkungan UMY yang menetap di Indonesia serta semakin gencarnya penggunaan online platform untuk berkomunikasi membuat aktifitas ini menjadi lebih mudah direalisasikan. Program pengabdian ini berupa sharing session antar santri Muallimat difasilitasi oleh tim Pengabdi UMY, lalu dilanjutkan dengan sesi bersama beberapa mahasiswa asing UMY dan UKM yang dari beragam asal negara yang merupakan penutur asli Bahasa Inggris, dalam periode waktu yang berbeda. Metode pendekatan yang dilakukan terhadap santri Muallimat adalah pendekatan berbasis partisipasi aktif dan interaktif, dalam room besar dan break out room. Adapun luaran dari pengabdian ini berupa adanya peningkatan kepercayaan diri santri dalam berbicara menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, serta mendapatkan kosa kata dan pengucapan yang tidak bisa ditemui di kamus ataupun buku pelajaran bahasa Inggris.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX