PENINGKATAN SARANA DAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SD MUHAMMADIYAH NGLUWAR
Corresponding Author(s) : Willis Diana
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Pendidikan dasar merupakan tahapan yang penting dalam menumbuhkan tradisi belajar yang baik. Perpustakaan Sekolah Dasar merupakan media yang menjadi mata rantai dalam proses pembelajaran, perannya sangat vital dalam usaha pembaharuan budaya belajar siswa. Tetapi, banyak perpustakaan ditingkat Sekolah Dasar belum memiliki sarana dan pengelolaan yang memenuhi standar. Sekolah Dasar Muhammadiyah Ngluwar pada tahun 2020 baru saja melengkapi gedung perpustakaan sekolah yang semula menjadi satu dengan ruang kelas siswa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan membantu SD Muhammadiyah Ngluwar dalam melengkapi sarana dan meningkatkan pengelolaan perpustakaan sekolah agar mampu memenuhi standar perpustakaan sekolah dan meningkatkan kebermanfaatannya. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan beberapa alternatif desain layout perpustakaan sekolah, melengkapi sarana perpustakaan berupa rak-rak buku dan memberikan workshop pengelolaan perpustakaan sesuai standar. SD Muhammadiyah Ngluwar berhasil menata ulang perpustakaan sekolah ke gedung yang baru dan melengkapi fasilitas rak rak buku sehingga diharapkan mampu menarik minat siswa untuk berkunjung dan belajar di perpustakaan. Pihak sekolah khususnya pengelola perpustakaan mendapat tambahan wawasan pengelolaan perpustakaan sekolah dan meningkatkan kontribusi perpustakaan sekolah dalam proses pembelajaran di masa pandemi. Diharapkan kedepannya Perpustakaan SD Muhammadiyah Ngluwar mampu meningkatkan pelayanan dan pengelolaan, mampu mengikuti perkembangan trend layanan perpustakaan, dan perpustakaan sekolah dapat menjadi pusat kegiatan siswa untuk membaca, belajar, mengembangkan minat, memupuk kreatifitas dan sifat kritis melalui budaya membaca.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX