IDENTIFIKASI KONDISI JARINGAN SPAMDES
Corresponding Author(s) : Ani Hairani
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 7. Sarana dan Prasarana Publik dan Mitigasi Bencana
Abstract
Dalam rangka memenuhi kebutuhan air minum masyarakat di Provinsi Yogyakarta, pengelolaan sarana air minum di daerah-daerah yang tidak terlayani PDAM diserahkan kepada masyarakat. Peran serta masyarakat dalam pengelolaan penyediaan air minum diwujudkan dalam bentuk kelompok-kelompok masyarakat yang tergabung dalam Pamaskarta (Paguyuban Air Minum Masyarakat Yogyakarta). Secara mandiri, Pamaskarta mengatur distribusi air minum dari dan untuk komunitas. Salah satu kendala yang dihadapi oleh kelompok pengelola SPAMDesa dalam mengontrol kualitas dan kuantitas penyediaan dan pendistribusian air bersih adalah sistem pengelolaannya yang masih tradisional serta minimnya pendampingan dari Pemerintah. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengkaji kondisi jaringan sistem pengelolaan SPAMDes yang ada di Dusun Kaliapak, Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui wawancara dan survey kuesioner kepada pengguna dan kelompok pengelola. Berdasarkan hasil kajian, diketahui bahwa kondisi jaringan SPAMDes tergolong cukup baik dan mampu melayani kebutuhan air. Akan tetapi, kualitas air masih belum terkontrol dengan baik. Selain itu, debit air juga belum cukup mampu memenuhi pelayanan air secara 24 jam. Hasil kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju pengelolaan SPAMDes yang berkelanjutan serta sebagai masukan bagi Pemerintah yang melakukan pendampingan kelompok Pengelola SPAMDes.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX