PENINGKATAN KOSA KATA ARAB MURID TPA PRIMA MELALUI METODE READ ALOUD DAN BERNYANYI
Corresponding Author(s) : Muh. Naim Madjid
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2020: 5. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Artikel ini berfokus pada upaya peningkatan kosakata Arab murid Taman Pendidikan Al-Qur’an Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah dan ‘Aisiyah (PRIMA) Kuala Lumpur melalui kombinasi metode Read Aloud dan Bernyanyi berbasis teknologi. Pemilihan kosakata meliputi tiga tema utama, yaitu tema “Islam Agamaku” (enam kosakata), tema “Keluarga” (delapan kosakata), dan tema “Rumah” (delapan kosakata). Pengenalan kosakata kepada murid dilakukan dalam bentuk nyanyian dan setiap kata dibaca dengan suara nyaring. Beberapa kata diberikan ilustrasi gerakan guna memperkuat daya ingat dan pemahaman. Pengabdian ini menggunakan metode demonstrasi yang dimodifikasi secara digital dalam bentuk lagu yang bergambar yang diyakini sepenuhnya dapat menjadi solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh TPA yaitu rendahnya daya ingat dan pemahaman murid dalam mengenal kosa kata Arab. Sosialisasi dan praktik kombinasi metode ini telah dilakukan secara online dan mendapati para peserta sangat antusias dan merasa puas dengan inovasi pembelajaran ini. Hasil data yang signifikan diperoleh dari 23 responden yaitu 52,2% menyatakan sangat setuju dan 47,8% menyatakan setuju terhadap efektivitas materi bernyanyi yang disampaikan. Adapun tingkat pemahaman terhadap materi secara keseluruhan diperoleh 73,9%. Implikasinya adalah adanya peningkatan kompetensi murid dalam mengenal dan mengingat kosakata Arab dengan mudah dan menyenangkan.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX