PENINGKATAN BRAND KERIPIK BELUT BERBASIS MEDIA ONLINE
Corresponding Author(s) : Putri Rachmawati
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa( BUMDES)
Abstract
Zaman semakin maju dan berkembang digital online sangat berguna pada saat ini. Dua tahun berjalan ini Indonesia masih berjuang dengan wabah covid-19, sehingga mobilitas masyarakat dibatasi. UMKM yang belum menggunakan media social online akan kesulitan dalam menjajakan penjualannya. Tujuan pengabdian ini memanfaatkan teknologi informasi khususnya media social dan marketplace untuk mengenalkan brand baru. Kelompok UMKM belut ini terbentuk untuk kebutuhan keseharian menggunakan bahan baku lokal daerah Klaten. Kebanyakan dalam bentuk berbagai varian keripik lokasi yang sangat strategis dekat dengan tempat wisata yaitu Candi Prambanan dan komplek candi lainnya sebelum pandemic banyak penjualannya, akan tetapi semenjak beberapa tahun ini menurunnya penjualan sehingga kelompok ini memerlukan upaya untuk peningkatan penjualannya. Manfaat dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan penjualan melalui digital online. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah pengembangan “branding” produk dan berbasis IT. Sasaran program ini adalah kelompok ibu – ibu di Kebondalem dan UMKM belut. Pengabdian ini menggunakan platform media social Instagram dan marketplace shopee serta titik koordinat pada google map dengan Brand “Bu Joko”
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX