PEMBERDAYAAN USAHA KECIL DAN MIKRO MELALUI PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK SECARA ONLINE
Corresponding Author(s) : Takdir Ali Mukti
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa( BUMDES)
Abstract
Usaha Micro dan Kecil (UMK) binaan Pimpinan Ranting Muhammadiyah di Desa Parangtritis, meliputi usaha mebel/pertukangan dan perdagangan ikan laut/tawar. Usaha-usaha itu telah berjalan dengan baik sebelum pandemi, namun, setelah terjadi wabah covid-19, mengalami penurunan omset, bahkan asset, karena berkurangnya pembeli dari luar daerah. Permasalahan yang dihadapi oleh kelompok UMK ini, antara lain, berkurangnya jumlah pembeli, terutama dari luar daerah karena berkurangnya jumlah pengunjung ke Parangtritis. Pengabdian ini melaksanakan program pelatihan pemasaran online untuk mengatasi masalah tersebut. Metode yang digunakan dalam program ini adalah menerapkan teknologi informasi pembuatan akun media social dan blog sebagai media pemasaran produk UMK. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan jumlah pemasaran produk yang signifikan, yakni naik sebesar 50% atau hampir mendekati penjualan di masa normal sebelum pandemi. Hasil ini menimbukan optimisme pelaku UMK untuk segera bangkit dan lebih mengembangkan usahanya. Dapat disimpulkan bahwa pemasaran online melalui multi-platform social media sangat efektif untuk meningkatkan penjualan UKM.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX