Pengembangan Buku Cerita Anak Dwibahasa Untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dan Character-Building
Corresponding Author(s) : Puput Arfiandhani
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2019: 1. Pengembangan Pendidikan Masyarakat
Abstract
Berdasarkan survei PISA (2015), Indonesia menduduki peringkat bawah di bidang literasi. Oleh karena
itu, perlu upaya dari berbagai pihak untuk meningkatkan budaya literasi di masyarakat Indonesia.
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan mengembangkan buku cerita anak dwibahasa, Aisyah
dan Ahmad. Selain ditujukan untuk menambah khasanah literasi di Indonesia, pengembangan buku
cerita anak dwibahasa ini juga bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris siswa.
Di samping itu, tema buku yang mengangkat nilai kejujuran juga bertujuan agar buku cerita anak ini
dapat menjadi sarana pendidikan karakter untuk anak-anak kaum marjinal. Menyasar adik-adik panti
asuhan, khususnya di Panti Asuhan Mustika Tama dan Panti Asuhan Abdul Alim, program ini
dilaksanakan sebanyak 12 kali pertemuan di kedua panti asuhan tersebut. Dari hasil pretest dan posttest
serta observasi selama pendampingan, diketahui bahwa program kemitraan masyarakat ini berdampak
positif bagi peningkatan motivasi dan pendidikan karakter siswa.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX