Pembuatan Desain Kemasan Ramah Lingkungan Serta Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Peningkatan Perluasan Pasar Kripik Singkong Semuluh Kidul
Corresponding Author(s) : Muhammad Muttaqien
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2019: 6. Penanggulangan Bencana dan Pelestarian Lingkungan Hidup
Abstract
Luasnya lahan pertananian dan tanah yang cocok untuk ditanami palawija dan ubi-ubian, membuat
masyarakat Dusun Semuluh Kidul, Kecamatan Semanu, Desa Ngeposari, Kabupaten Gunungkidul,
Daerah Istimewa Yogyakarta bersama-sama mengolah ubi-ubian menjadi kripik yang diberi nama “PikKong Nyai Semuluh Kidul”. Namun, produk tersebut belum dimanajemen dengan baik mulai dari logo,
desain kemasan hingga tata cara penjualan dengan pemanfaatan media social. Oleh karena itu, untuk
memperkuat pemasaran produk “Pik-Kong Nyai Semuluh Kidul ” program pengabdian kali ini fokus
pada branding dan sosialisasi pemasaran melalui media social. Pelaksanaan dibagi menjadi 2 tahapan,
pra program dan pelaksanaan program. Tahap pra program dibagi menjadi empat kegiatan yaitu,
brainstroming dengan tim, observasi, mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, membuat
desain logo dan kemasan. Tahap pelaksaan dibagi menjadi dua tahap, yaitu sosialisasi penggunaan
media social dan branding sebagai sarana peningkatan penjualan produk, dan pelatihan pengemasan
produk. Hasil dari program ini adalah adanya desain kemasan baru yang sudah menggunakan logo dan
kemasan yang lebih menarik. Selain itu juga meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya
media sosial sebagai sarana publikasi dan pemasaran. Untuk pengabdian berikutnya direkomendasikan
untuk meneruskan penyempurnaan penggunaan kemasan yang lebih baik dalam menyerap minyak yang
dihasilkan oleh olahan produk.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX