Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Lesson Study
Corresponding Author(s) : Eko Purwanti
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2019: 1. Pengembangan Pendidikan Masyarakat
Abstract
Sebagai ujung tombak pendidikan, guru dituntut untuk mempunyai kualitas yang tinggi sehingga
pembelajaran di kelas dapat berlangsung secara maksimal. Akan tetapi, pada kenyataannya banyak
ditemukan pembelajaran di kelas yang berjalan kurang efektif yang ditandai dengan rendahnya
partisipasi siswa di kelas. Situasi seperti ini dapat berimbas terhadap penurunan kualitas belajar
mengajar. Oleh karena itu diperlukan strategi yang efektif sebagai salah satu jalan keluar, dan salah
satunya adalah melakukan lesson study. Makalah ini bertujuan untuk melaporkan hasil pengabdian
masyarakat terkait dengan persepsi guru terhadap pelaksanaan lesson study di sekolah menengah atas
sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas mengajar di kelas. Dengan menggunakan pendekatan
kualitatif, pengabdian masyarakat ini melibatkan sepuluh guru dari sepuluh mata pelajaran yang
berbeda. Kesepuluh orang guru terbagi dalam dua kelompok lesson study dan mereka secara sukarela
melaksanakan dua siklus lesson study di kelas. Wawancara kelompok dilakukan untuk mendapatkan
data terkait dengan persepsi mereka mengenai pelaksanaan lesson study. Hasil dari pengabdian
masyarakat ini menunjukkan bahwa guru-guru di sekolah tersebut mempunyai perspesi positif terhadap
lesson study, yaitu 1) lesson study memberi kesempatan belajar bagi siswa, 2) lesson study memberikan
kesempatan belajar bagi guru, 3) lesson study meningkatkan kualitas mengajar guru, dan 4) lesson study
membuat guru melakukan refleksi pembelajaran. Para guru tersebut sepakat bahwa kegiatan lesson study
layak untuk dilanjutkan di kemudian hari.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX