Pengembangan Literasi Media Untuk Kesejahteraan Masyarakat Pedesaan
Corresponding Author(s) : Nawari Ismail
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2019: 4. Pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa
Abstract
Kegiatan ini berupaya untuk memberdayakan masyarakat dalam menghadapi media massa/televisi serta
media sosial, sehingga masyarakat memiliki kesadaran dan pemahaman dalam penggunaan media secara
benar dan bijak. Secara khusus kegiatan ini bertujuan: (1) Peningkatan literasi media di kalangan
perempuan, khususnya ibu-ibu yang telah memiliki anak-anak, dan (2) Peningkatan literasi media di
kalangan generasi milenial. Metode kegiatan dilakukan denga workshop , penyuluhan, dan sosialisasi
melalui banner. Workshop melibatkan pimpinan lembaga di dusun yaitu kepala dusun, ketua RT dan
kader PKK serta pengurus Remaja Masjid. Penyuluhan ditujukan kepada masyarakat umum dengan
menjadikan wakil kader PKK, dan Remaja Masjid sebagai fasilitator dan narasumbernya. Sosialisasi
berupa banner ditempatkan di lokasi strategis yaitu: rumah kepala dusun, ketuab RT, dan masjid.
Kegiatan pengembangan literasi media yang ditujukan kepada masyarakat telah memberikan dampak
positif bagi masyarakat, khususnya kaum milineal dan ibu-ibu. Sebab pasca dilakukan workshop,
penyuluhan dan sosialiasi melalui banner hampir separuh kaum milineal memiliki kesadaran tinggi,
serta perilaku dalam bermedsos dan menonton televisi sebagian besar menjadi tinggi. Begitu juga dengan
kesadaran dan perilaku kaum ibu-ibu menjadi lebih tinggi.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX