Manajemen Usaha Berbasis Media Sosial Pada UMKM “Bakpia Ivan” Di Desa Janten, Bantul
Corresponding Author(s) : Rosalia Prismarini Nurdiarti
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2019: 3. Pengembangan Usaha Mikro, kecildan Menengah (UMKM), Serta Ekonomi Kreatif
Abstract
UMKM “Bakpia Ivan” merupakan kelompok masyarakat yang produktif secara ekonomi, yang
tergabung dalam unit usaha keluarga sejak 20 tahun. Mitra menghasilkan produk Bakpia dengan
beberapa varian rasa, yaitu bakpia basah rasa original, bakpia coklat (kering-dari gula jawa) dan
bakpia keju (kering-bakpia potong). Permasalahan yang dihadapi mitra adalah manajemen yang
masih dalam taraf sederhana dan bersifat kekeluargaan. Dalam mengelola usahanya, mitra belum
memanfaatkan media sosial yang ada karena masih mengandalkan direct selling dan reseller.
Segmentasi konsumen pada kelas menengah ke bawah yang melatarbelakangi dipilihnya metode
pemasaran yang masih sederhana, selain itu juga SDM yang terbatas hanya di bagian produksi.
Melihat permasalahan tersebut, maka diperlukan manajemen usaha dengan berbasis media sosial
melalui kerangka pemasaran online sehingga mampu memperluas segmentasi pasar. Metode yang
digunakan dalam pengabdian ini adalah sosialisasi dan penguatan pengetahuan tentang pentingnya
pemasaran berbasis media sosial. Metode berikutnya adalah sosialisasi dan pelatihan website untuk
meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam penggunaan teknologi ketika memasarkan
produk. Kesimpulan dari yang sudah dilakukan, manajemen usaha berbasis media sosial masih perlu
ditingkatkan pada UMKM Bakpia Ivan. Kendala SDM dan padatnya waktu produksi menjadi
tantangan bagi pengelolaan media sosial. Di sisi lain perlu lebih intensif dalam penggunaan media
sosial.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX