Pengembangan Usaha Gitar Sebagai Wisata Industri Kreatif Unggulan Daerah
Corresponding Author(s) : Wahyu Tri Hastiningsih
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2019: 3. Pengembangan Usaha Mikro, kecildan Menengah (UMKM), Serta Ekonomi Kreatif
Abstract
Tujuan dari pelaksanaan PPPUD 2019 ini adalah untuk memecahkan permasalahan dari mitra yaitu
masih kurangnya kapasitas produksi, belum adanya pengelolaan manajemen keuangan, belum adanya
merek, serta belum adanya pemasaran yang maksimal terutama pada segmen pasar ekspor dan
pemasaran melalui media internet. Berdasarkan permasalahan diatas, maka tim PPPUD ini pada tahun
pertama memberikan bahan dan alat untuk meningkatkan produksi gitar, pelatihan pembukuan online,
pembuatan merek dagang yaitu Javaguitar, pembuatan alat promosi berupa kartu nama dan nota
penjualan serta masuk pada market place yaitu Tokopedia dan Bukalapak. Pembuatan Facebook,
Instagram serta adanya website. Hal ini semua diharapkan akan berdampak pada terciptanya kualitas
produk yang baik, pengelolaan keuangan/akutansi terkomputerisasi, branding yang kuat dan pemasaran
secara global. Luaran wajib yang telah dihasilkan adalah publikasi media cetak, peningkatan produksi,
peningkatan pemasaran,dan peningkatan nilai asset mitra.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX