Pengembangan Model Pemasaran Wedang Ereng-Ereng Sebagai Ikon Kuliner Khas Desa Wisata Seloharjo
Corresponding Author(s) : Triwara Buddhi Satyarini
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2019: 3. Pengembangan Usaha Mikro, kecildan Menengah (UMKM), Serta Ekonomi Kreatif
Abstract
Tujuan dari kegiatan ini adalah memberdayaan potensi kuliner khas lokal Desa Seloharjo berupa
minuman atau wedang yang diberi nama Wedang Ereng-ereng. Wedang ini pada awalnya
diformulasikan oleh seorang warga, namun akhirnya diserahkan kepada masyarakat dan pemerintah
Desa Seloharjo untuk dikembangkan dalam rangka mendukung Seloharjo sebagai desa wisata. Masalah
yang ditangani adalah belum seragamnya formula yang dikuasai masyarakat sehingga perlu standarisasi.
Masalah yang kedua adalah pengembangan pemasaran meliputi promosi, penetapan harga dan sistem
penjualan. Kegiatan yang dilakukan untuk menjawab permasalahan tersebut adalah standarisasi produk
dan harga, gebyar wedang-ereng-ereng dengan festival serta pengembangan pemasaran dengan membentuk
outlet-outlet penjualan berupa warung wedang ereng-ereng
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX