BRANDING DAN PACKAGING TEHMU UNTUK KEMANDIRIAN EKONOMI AISYIYAH NGAWEN KLATEN
Corresponding Author(s) : Lestari Rahayu
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2020: 8. Teknologi Produksi dan Daya Saing Industri Pangan
Abstract
Teh merupakan salah satu minuman yang cukup favorit di Indonesia. Teh mempunyai pasar yang nyaris
tak terbatas. Tidak heran banyak yang mencari peruntungan dari bisnis minuman teh. Usaha minuman teh
merupakan salah satu peluang usaha yang bisa dikembangkan oleh Aisyiyah Ngawen Klaten . Mitra
dalam Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Persyarikatan Muhammadiyah (PPM HUM) adalah
Aisyiyah Ranting Ngawen. Dipilihnya Aisyiyah Cabang Ngawen Klaten karena melihat fenomena di
lapangan bahwa banyak ibu-ibu anggota Aisyiyah belum punya usaha.dan pendapatan rumah tangganya
yang rendah. Sumber pendanaan kegiatan Aisyiyah Ngawen berasal dari donatur, belum berasal dari
kegiatan ekonomi. Target luaran yang ingin dicapai adalah kelompok mitra termotivasi untuk melakukan
usaha, yaitu TehMu dan mempunyai izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Kelompok mitra
melakukan branding dan packaging produk, serta mampu mempromosikan produk TehMu. Metode yang
akan dicapai untuk pencapaian tersebut adalah dengan melakukan FGD dengan pengurus Aisyiyah untuk
strategi pengembangan TehMu, pendampingan pengurusan perizinan PIRT usaha TehMu, pendampingan
packaging dan branding TehMu, dan pendampingan promosi dan pemasaran TehMu. Hasil yang didapat
usaha TehMu mendapatkan sertifikat PIRT No. 2103310010182-24. Pemilihan kemasan produk TehMu
yang dihasilkan telah sesuai dengan yang diinginkan konsumen dan sudah memiliki branding yang
menarik, “TehMu Nimatnya Berbagi Manfaat”. Tambahan sumber dana operasional kegiatan Asiyiyah
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX