PENINGKATAN DAYA SAING USAHA KECIL TEMPE KEDIRI DENGAN KAIZEN
Corresponding Author(s) : Putu Dana Karningsih
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2020: 3. Kapasitas Daya Saing UMKM dan BUMDES
Abstract
Tempe merupakan makanan tradisional masyarakat Indonesia yang sarat protein, vitamin dan juga
mineral. Masyarakat Jawa Timur merupakan konsumen tempe terbesar di Indonesia. Dengan potensi
pasar yang sedemikian besar, maka Usaha Kecil Tempe di Jawa Timur harus dapat memperbaiki proses
terus menerus agar dapat memenuhi kebutuhan pasar baik secara kuantitas maupun kualitas. Studi ini
bertujuan untuk memberikan rekomendasi kepada sebuah Usaha Kecil Tempe di Kediri untuk dapat
meningkatkan kuantitas produksi dengan cara menghilangkan atau mereduksi kegiatan yang tidak bernilai
tambah. Saat ini, proses produksi tempe masih dilakukan secara manual tanpa memperhatikan aliran
proses. Untuk itu, diusulkan perbaikan dengan menggunakan prinsip Kaizen yang bertujuan untuk
melakukan perbaikan secara bertahap dan berkelanjutan. Usulan perbaikan adalah berupa perubahan tata
letak proses produksi dan aplikasi prinsip karakuri pada proses produksinya. Dengan implementasi
rekomendasi maka diprediksi dapat meningkatkan kapasitas produksi tempe, dimana waktu produksi
menjadi lebih singkat kurang lebih 20%.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX