Model Partisipasi Berbasis Nilai-nilai Islam pada Perencanaan Desain Grafis Arsitektur di Sekolah TK ABA Kembaran Yogyakarta
Corresponding Author(s) : Rohmansyah Rohmansyah
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2020: 10. Digitalisasi Dakwah Syiar Islam
Abstract
Partisipasi dalam merencanakan desain bangunan sekolah merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menjaga eksistensi sekolah agar bisa bertahan dan berkembang serta memberikan ruang gerak kepada guru dan peserta didik agar dapat mengekspresikan bakat sejak dini. Salah satu yang menjadi fokus pengabdian adalah TK ABA Kembaran yang terletak di daerah Kasihan Bantul Yogyakarta. TK tersebut mengalami kemajuan yang cukup signifikan dengan jumlah pendidik dan jumlah siswa yang terus meningkat, namun sayang tidak dibarengi dengan prasarana yaitu perluasan ruang area sekolah dan sarana untuk pendidikan anak usia dini. Karena itu, perlu model partisipasi yang melibatkan kaum akademik, pihak TK ABA Kembaran, Pimpinan Ranting Aisyiyah (PRA) dan Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) kembaran untuk mendesain perencanaan arsitektur bangunan yang berbasis nilai-nilai Islam yang mendukung dalam mencerdaskan peserta didik TK ABA Kembaran, yaitu membuat desain grafis gedung dan struktur arsitektur bangunan yang tahan gempa dan dilengkapi fasilitas sarana tempat belajar anak dan tempat bersuci dan seperti tempat berwudu bagi laki-laki dan perempuan yang terpisah, mushala untuk dijadikan tempat ibadah salat dan tempat latihan praktik salat anak dan area halaman sekolah yang didesain sebagai tempat belajar anak agar berinteraksi dengan dengan alam dan lingkungan untuk mendukung pembentukan pendidikan karakter anak usia dini.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX