PENTINGNYA BRANDING BAGI TENANT PPK FTI
Corresponding Author(s) : Farid Ma'ruf
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2020: 3. Kapasitas Daya Saing UMKM dan BUMDES
Abstract
Branding merupakan hal penting dalam sebuah usaha. Selain itu, branding juga menjadi patokan dalam
menentukan keberlanjutan sebuah usaha. Di sisi lain, banyak pengusaha yang salah dalam memahami
konsep branding karena branding hanya dinilai sebatas merk atau logo tetapi pada hakekatnya lebih dari
itu. Tahun 2020 ini, tim PPK FTI UAD mendapatkan hibah pengabdian dari ristekbrin berupa Program
Pengembangan Kewirausahaan (PPK). Salah satu pelatihan yang diberikan kepada tenant PPK FTI adalah
tentang branding. Pelatihan ini diadakan bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada tenant bahwa
branding itu mampu meningkatkan kesadaran dan membangun loyalitas dari para konsumen terhadap
produk kita. Pelatihan ini dilaksanakan secara daring menggunakan platform zoom. Pelatihan ini diikuti
oleh 20 tenant terpilih yang terdiri dari mahasiswa dan alumni Fakultas Teknologi Industri Universitas
Ahmad Dahlan (FTI UAD). Kendala sinyal pada pelatihan secara daring ini tidak dapat dihindarkan
karena posisi tenant yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia dengan kondisi yang beraneka ragam
pula. Kendala yang dihadapi tidak mengurangi semangat tenant untuk mengikuti pelatihan ini hingga
selesai. Ini dibuktikan dengan lebih dari 50% tenant menyatakan memahami tentang materi branding
yang disampaikan dan penting bagi keberlangsungan suatu bisnis.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX