Pengembangan UMKM melalui Pelatihan Pemasaran Online di Dusun Bunder IV Banaran Galur Kulon Progo
Corresponding Author(s) : Salmah Orbayinah
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 3. Kesehatan Keluarga dan Masyarakat
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk melakukan pelatihan dan pendampingan pemasaran secara online pada komunitas UMKM di Dusun Bunder IV Banaran Galur Kulon Progo. Pelaksanaan abdimas dilaksanakan pada hari Sabtu,12 Februari 2022. Bentuk kegiatannya adalah penyuluhan tentang UMKM di era digital dilanjutkan pelatihan pemasaran dengan fasilitas media sosial salah satunya menggunakan Facebook. Langkah-langkah pemasaran menggunakan Facebook antara lain:1) Membuat Account Facebook (Jika Belum ada), 2) Membuat Panpage, 3) Mengatur Panpage, dan 4) Melakukan promosi. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dihadiri peserta sebanyak 29 orang, diantaranya adalah peserta yang telah memiliki usaha dengan skala mikro dan menengah berupa usaha pembuatan bakso goreng, tempe benguk, dan telur asin. Pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan kehadiran peserta mencapai 100% dengan peningkatan pemahaman materi sebesar 41,67%.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Rahmana, Arief. 2009. Peranan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah.. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009). Yogyakarta, 20 Juni 2009. Pp (B11-15)
- Gibson, C. (2018). The Most Effective Digital Marketing Strategies & Approaches : A Review of Literature. International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 8, Issue 2, February 2018
References
Rahmana, Arief. 2009. Peranan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah.. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009). Yogyakarta, 20 Juni 2009. Pp (B11-15)
Gibson, C. (2018). The Most Effective Digital Marketing Strategies & Approaches : A Review of Literature. International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 8, Issue 2, February 2018