PENGENALAN METODE PEMBELAJARAN MONTESSORI DI KB TUNAS PERTIWI, SLEMAN YOGYAKARTA
Corresponding Author(s) : Margaretha Dharmayanti Harmanto
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2020: 5. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Mitra PK adalah KB Tunas Pertiwi yang berdiri sejak 2010. Tim PKM memperkenalkan metode pembelajaran Montessori kepada sekolah tersebut sebagai sebuah alternatif yang suatu saat akan bermanfaat untuk perkembangan peserta didik. Tim dan mitra menyepakati tiga masalah prioritas serta pengoptimalannya yakni: Aspek Fasilitas, Aspek Sumber Daya Manusia (SDM), dan Aspek Ekonomi dan Manajemen. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan pemberdayaan masyarakat (participatory rural appraisal). Pendekatan ini menekankan pada alih ipteks dan metode dari pelaksana kepada mitra (KB Tunas Pertiwi) dengan harapan aspek keberlanjutan pasca-kegiatan ini dapat terjamin terus berjalan. Kegiatan dilakukan selama satu tahun. Prosedur kerja kegiatan terdiri dari persiapan, sosialisasi, serta penyelesaian masalah mitra dalam aspek fasilitas, SDM, dan ekonomi manajemen dilanjutkan dengan evaluasi bersama, serta terakhir pelaporan dan publikasi. Luaran dari program ini adalah fasilitas untuk pembelajaran Montessori, metode pembelajaran Montessori, dan media promosi.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX