PELATIHAN READING TOEIC UNTUK SISWA SMK KOPERASI YOGYAKARTA
Corresponding Author(s) : Arifah Mardiningrum
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2020: 5. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Kemampuan membaca bahasa Inggris merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh siswa kejuruan sebagai bekal dalam menyongsong dunia kerja di era modern ini. Kemampuan membaca TOEIC sebagai jenis kemampuan membaca secara khusus sangat penting dimiliki siswa kejuruan untuk masuk di dunia kerja. Tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan membaca TOEIC bagi siswa SMK Koperasi Yogyakarta. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan treatment berupa pelatihan membaca teks TOEIC dengan berbagai strategi membaca yang meliputi delapan kali pertemuan untuk setiap kelas. Dalam pelaksanaannya, kendala pandemi COVID-19 mengharuskan program ini di sesuaikan dengan tetap berfokus kepada pengembangan kemampuan reading TOEIC siswa. Adapun program penyesuaian yang dilakukan adalah dengan pengembangan materi TOEIC yang berupa pengembangan teks membaca sebagai bahan ajar dan buku pengajaran TOEIC. Dalam memperoleh data, metode yang digunakan adalah wawancara. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bahasa Inggris di SMK Koperasi, pelaksanaan PKM ini memberikan banyak manfaat kepada siswa dan guru bahasa Inggris terutama dengan pelatihan reading TOEIC di tiga kelas berbeda dan dengan tersedianya materi ajar berupa teks membaca dan modul pengajaran TOEIC. Dengan demikian, guru bahasa Inggris SMK Koperasi dapat lebih mengintensifkan pengajaran reading TOEIC kepada siswa sebagai bekal keterampilan untuk masuk di dunia kerja.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX