Pengembangan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi di SMP Muhammadiyah 2 Bambanglipuro untuk Penguatan Literasi dan Numerasi
Corresponding Author(s) : Chusnul Azhar
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
SMP Muhammadiyah 2 Bambanglipuro masuk pada kategori lembaga pendidikan yang sedang berkembang dengan akreditasi B. Manajemen kegiatan intrakurikuler telah diimplementasikan sesuai dengan kurikulum dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga sebagaiamana lembaga pendidikan lain. Berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti olahraga, bela diri (Tapak Suci), gerakan kepanduan (Hizbul Wathan), dan organisasi pelajar (IPM) sudah berjalan dengan baik. Namun, manajemen kegiatan berkaitan dengan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) masih sangat minim perhatian. Maka, program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan fokus pada 5 tahapan metode pelaksanaan sebagai berikut: (1) Sosialisasi tentang urgensi GLS, (2) Membentuk tim pelaksana GLS, (3) Menyelenggarakan berbagai workshop manajemen kegiatan GLS, (4) Pengadaan ruang perpustakaan, dan (5) Menyediakan administrasi perpustakaan berbasis Teknologi Informasi (TI). Hasil program pengabdian kepada masyarakat ini adalah terbentuknya tim pelaksana GLS dengan tugas mengawal penerapan manajemen kegiatan GLS berbasis Teknologi Informasi (TI) secara profesional serta dapat melaksanakan berbagai kegiatan GLS yang sangat inovatif. Diantaranya, (1) Lomba membuat majalah dinding, (2) Kegiatan bedah buku, (3) Kegiatan bedah film edukasi, (4) Latihan berpidato setiap selesai shalat dhuhur, dan (5) Kunjungan ke kantor Suara Muhammadiyah
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Antoni Widodo, Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP), Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2020, 16, 11 – 21.
- Anwas, Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung: Alfabeta, 2014.
- Dawam Ainurrafiq, dan Ahamad Ta’arifin, Manajemen Lembaga pendidikan Islam Berbasis Pesantren, Yogyakarta: 2005.
- Hamdan Husein Batubara, dan Dessy Noor Ariani, Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin, 2018, 18, 15 – 29.
- Hanum Hanifa Sukma, Strategi Kegiatan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Sekolah Dasar, 2021, 33, 11 – 20.
- Iqbal, Abu Muhammad, Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
- Febrina Dafit, dan Zaka Hadikusuma Ramadan, Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2020.
- Febriana Ramandanu, Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa, Jurnal Mimbar Ilmu, 2019.
- Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam: dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009.
- Muhammad Hilal Hidayat, Imam Agus Basuki, dan Sa’dun Akbar, Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2018.
- Syaifur Rohman, Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah, TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2017, 4, 34 – 50.
- Tim Penyusun, Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah, Yogyakarta: Penerbit Suara Muhammadiyah, 2009.
- Wendri Wiratsiwi, Penerapan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar, REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2020.
- Yulisa Wandasari, Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter, JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 2017, 1, 325 – 343.
References
Antoni Widodo, Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP), Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2020, 16, 11 – 21.
Anwas, Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung: Alfabeta, 2014.
Dawam Ainurrafiq, dan Ahamad Ta’arifin, Manajemen Lembaga pendidikan Islam Berbasis Pesantren, Yogyakarta: 2005.
Hamdan Husein Batubara, dan Dessy Noor Ariani, Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin, 2018, 18, 15 – 29.
Hanum Hanifa Sukma, Strategi Kegiatan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Sekolah Dasar, 2021, 33, 11 – 20.
Iqbal, Abu Muhammad, Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Febrina Dafit, dan Zaka Hadikusuma Ramadan, Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2020.
Febriana Ramandanu, Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa, Jurnal Mimbar Ilmu, 2019.
Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam: dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009.
Muhammad Hilal Hidayat, Imam Agus Basuki, dan Sa’dun Akbar, Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2018.
Syaifur Rohman, Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah, TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2017, 4, 34 – 50.
Tim Penyusun, Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah, Yogyakarta: Penerbit Suara Muhammadiyah, 2009.
Wendri Wiratsiwi, Penerapan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar, REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2020.
Yulisa Wandasari, Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter, JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 2017, 1, 325 – 343.