Pengembangan Promosi SD Muhamammadiyah Ambarketawang Melalui Iklan Luar Ruang dan Media Sosial
Corresponding Author(s) : Filosa Gita Sukmono
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
SD Muhammadiyah Ambarketawang 1 berada dibawah naungan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gamping yang terus melakukan pembenahan dan perkembangan melayani umat. Posisi sekolah yang cukup strategis khususnya di daerah Gamping seharusnya dapat memudahkan calon orang tua maupun masyarakat umum untuk menemukan lokasi ataupun promosi sekolah disekitar jalan Wates atau daerah Ambarketawang. Hal inilah yang menjadi kendala utama yang dihadapi sekolah yaitu tidak adanya petunjuk arah untuk menuju ke SD Muhammadiyah Ambarketawang 1, masih minimnya papan informasi dan promosi sekolah. Hal ini sangat memprihatinkan karena persaingan sekolah hari ini dibutuhkan promosi yang progresif, khususnya melalui iklan luar ruang. Selain itu orang tua siswa mengetahui keberadaan sebuah sekolah dari iklan dan papan informasi sekolah yang terpampang di jalan maupun di tempat-tempat terbuka lainnya. Bahkan kebanggaan dan kepercayaan calon orang tua murid ataupun wali murid yang sudah menyekolahkan anaknya juga ketika banyak informasi sekolah di area publik. Berangkat dari persoalan tersebut, maka program pengabdian ini akan difokuskan pada peningkatan promosi sekolah melalui iklan luar ruang. Metode yang dilakukan adalah dengan mengadakan workshop bersama guru sekolah kemudian dilanjutkan pendampingan secara intensif kepada pihak sekolah selama satu bulan agar keberlanjutan setelah pengabdian bisa terjaga. Luaran pengabdian ini nantinya adalah pengadaan iklan luar ruang dan petunjuk arah untuk sekolah serta kemampuan guru untuk terus membuat konten promosi menarik dari iklan luar ruang, papan informasi yang sudah terpasang dan media sosial
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Ramsiah Tasruddin, “Strategi Promosi Periklanan yang Efektif,” J. Al-Khitabah, vol. 11, no. 1, pp. 107–116, 2015.
- R. Gusdiandika and K. Sinduwiatmo, “Pengaruh Promosi Sekolah Terhadap Keputusan Siswa Dalam Pemilihan Smk Sepuluh Nopember Sidoarjo,” KANAL J. Ilmu Komun., vol. 1, no. 1, p. 27, 2016, doi: 10.21070/kanal.v1i1.326.
- S. Sukirman, M. M. R. Putra, and A. J. Kusumawati, “Pemanfaatan Facebook Page Sebagai Media Promosi Sekolah Muhammadiyah di Kecamatan Tanon Sragen,” JPPM (Jurnal Pengabdi. dan Pemberdaya. Masyarakat), vol. 5, no. 2, p. 227, 2021, doi: 10.30595/jppm.v5i2.7403.
- G. Ariprahara, “Kajian Analisis Identifikasi Iklan Luar Ruang Wall Painting,” Visualita, vol. 4, no. 1, pp. 1–24, 2012, doi: 10.33375/vslt.v4i1.1108.
- P. W. Harsanto, D. K. Visual, and F. S. Rupa, “YOGYAKARTA DALAM KEPUNGAN IKLAN ( Sebuah Kajian tentang Estetika Lingkungan ),” vol. 7, no. 2, pp. 45–55, 2014.
- C. H. P. Hendi Handoko, Monika Irene Simanjorang, Lenny Stephani , Gusti Bagus Yudistira, “DAMPAK IKLAN DI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT PEMBELIAN MAHASISWA,” PProceeding SINTAK 2019, no. 1, pp. 352–360, 2019.
- D. Amrizal, Y. Yusriati, and A. Perlaya, “Membangun Minat Belajar Melalui Program Bantuan Siswa Miskin Di Smp Negeri 1 Simpang Empat Kabupaten Asahan,” Scenar. (Seminar Soc. Sci. Eng. Humaniora), no. 2001, pp. 436–440, 2021.
- M. F. H. Ahmad, A. Samad, and S. Turuy, “Rancang Bangun Papan Informasi Akademi Ilmu Komputer (Aikom) Ternate Berbasis Arduino Uno,” J. Ilm. Ilk. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 2, no. 2, pp. 88–95, 2019.
- P. Syiami Ramadina, Taufik, and ’Akil, “Strategi Marketing Pendidikan Melalui Media Sosial Di Sekolah,” PeTeKa J. Penelit. Tindakan Kelas dan Pengemb. Belajar, vol. 4, no. 1, pp. 367–376, 2021.
- N. S. Fajri and N. A. Wiyani, “Manajemen Marketing Sekolah Berbasis Information and Communication Technology,” J-MPI (Jurnal Manaj. Pendidik. Islam., vol. 4, no. 2, p. 107, 2019, doi: 10.18860/jmpi.v4i2.7857.
References
Ramsiah Tasruddin, “Strategi Promosi Periklanan yang Efektif,” J. Al-Khitabah, vol. 11, no. 1, pp. 107–116, 2015.
R. Gusdiandika and K. Sinduwiatmo, “Pengaruh Promosi Sekolah Terhadap Keputusan Siswa Dalam Pemilihan Smk Sepuluh Nopember Sidoarjo,” KANAL J. Ilmu Komun., vol. 1, no. 1, p. 27, 2016, doi: 10.21070/kanal.v1i1.326.
S. Sukirman, M. M. R. Putra, and A. J. Kusumawati, “Pemanfaatan Facebook Page Sebagai Media Promosi Sekolah Muhammadiyah di Kecamatan Tanon Sragen,” JPPM (Jurnal Pengabdi. dan Pemberdaya. Masyarakat), vol. 5, no. 2, p. 227, 2021, doi: 10.30595/jppm.v5i2.7403.
G. Ariprahara, “Kajian Analisis Identifikasi Iklan Luar Ruang Wall Painting,” Visualita, vol. 4, no. 1, pp. 1–24, 2012, doi: 10.33375/vslt.v4i1.1108.
P. W. Harsanto, D. K. Visual, and F. S. Rupa, “YOGYAKARTA DALAM KEPUNGAN IKLAN ( Sebuah Kajian tentang Estetika Lingkungan ),” vol. 7, no. 2, pp. 45–55, 2014.
C. H. P. Hendi Handoko, Monika Irene Simanjorang, Lenny Stephani , Gusti Bagus Yudistira, “DAMPAK IKLAN DI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT PEMBELIAN MAHASISWA,” PProceeding SINTAK 2019, no. 1, pp. 352–360, 2019.
D. Amrizal, Y. Yusriati, and A. Perlaya, “Membangun Minat Belajar Melalui Program Bantuan Siswa Miskin Di Smp Negeri 1 Simpang Empat Kabupaten Asahan,” Scenar. (Seminar Soc. Sci. Eng. Humaniora), no. 2001, pp. 436–440, 2021.
M. F. H. Ahmad, A. Samad, and S. Turuy, “Rancang Bangun Papan Informasi Akademi Ilmu Komputer (Aikom) Ternate Berbasis Arduino Uno,” J. Ilm. Ilk. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 2, no. 2, pp. 88–95, 2019.
P. Syiami Ramadina, Taufik, and ’Akil, “Strategi Marketing Pendidikan Melalui Media Sosial Di Sekolah,” PeTeKa J. Penelit. Tindakan Kelas dan Pengemb. Belajar, vol. 4, no. 1, pp. 367–376, 2021.
N. S. Fajri and N. A. Wiyani, “Manajemen Marketing Sekolah Berbasis Information and Communication Technology,” J-MPI (Jurnal Manaj. Pendidik. Islam., vol. 4, no. 2, p. 107, 2019, doi: 10.18860/jmpi.v4i2.7857.