Pengembangan Publikasi Sekolah Inklusi dengan Menggunakan Platform User Generated Content di Sekolah Luar Biasa Muhammadiyah Gamping Sleman
Corresponding Author(s) : Fajar Junaedi
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Sekolah Luar Biasa (SLB) Muhammadiyah Gamping, Sleman merupakan sekolah inklusi yang baru berdiri pada tahun 2012. SLB Muhammadiyah Gamping dibangun dengan tujuan untuk belajar bagi anak-anak yang memiliki kekurangan, atau disabilitas. Problem yang dihadapi oleh SLB Muhammadiyah Gamping belum dikenal oleh publik dan tidak pernah diberitakan oleh media. Padahal sekolah inklusi menjadi kebutuhan sebagian anggota masyarakat. Solusi dari persoalan yang dihadapi oleh SLB Muhammadiyah Gamping adalah dengan pengembangan publikasi kiprah sekolah melalui media massa. Iptek yang akan digunakan dalam pengabdian ini adalah pemanfaatan teknologi user generated content dan jurnalisme digital. Kegiatan ini dilakukan dengan workshop jurnalisme digital dan pendampingan user generated content. Indikator dari pengabdian ini adalah adanya minimal 12 berita terpublikasi tentang SLB Muhammadiyah Gamping selama proses pengabdian. Keberlanjutannya adalah sekolah bisa terus menulis berita setelah pengabdian selesai. Hasil pelaksanaan melebihi target yaitu adanya 28 berita untuk brand journalism SLB Muhammadiyah Gamping
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Mahfud, Arif (2020). Perbandingan Implementasi Scientific Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Penguatan Kesadaran Beragama Pada Siswa Tunagrahita Di SLB Pembina Yogyakarta Dengan SLB Muhammadiyah Gamping, G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No. 2, Bulan Juni Tahun 2020
- Tyagita, Brigitta Putri Atika (2016). Strategi Pemasaran Sekolah Menengah Atas Swasta Berasrama Di Kabupaten Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume: 3, No. 1, Januari-Juni 2016
- Lisnawati, Aat dkk (2020) Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Di Sekolah Dasar Dharma Mulia Dusun Banaran Getasan, Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, Vol. 17, No. 2
- Margareta, Ririn Tius Eka (2018) Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Minat Peserta Didik Berdasarkan Delta Model. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume: 5, No. 1, Januari-Juni 2018
- Mukmin Baba (2018).) Manajemen Pemasaran Jasa Sekolah Dasar Terpadu, Jurnal Isema Vol. 5 No. 1
- Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Masa Pandemi Covid 19. Tematik, 7(1), 38–50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369
- Wardhana, A. (2018). Strategi Promosi Penerimaan Siswa Baru (Studi Kasus Smk Kesehatan Cipta Bhakti Husada Yogyakarta). CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 6(1), 96. https://doi.org/10.12928/channel.v6i1.10215
References
Mahfud, Arif (2020). Perbandingan Implementasi Scientific Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Penguatan Kesadaran Beragama Pada Siswa Tunagrahita Di SLB Pembina Yogyakarta Dengan SLB Muhammadiyah Gamping, G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No. 2, Bulan Juni Tahun 2020
Tyagita, Brigitta Putri Atika (2016). Strategi Pemasaran Sekolah Menengah Atas Swasta Berasrama Di Kabupaten Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume: 3, No. 1, Januari-Juni 2016
Lisnawati, Aat dkk (2020) Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Di Sekolah Dasar Dharma Mulia Dusun Banaran Getasan, Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, Vol. 17, No. 2
Margareta, Ririn Tius Eka (2018) Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Minat Peserta Didik Berdasarkan Delta Model. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume: 5, No. 1, Januari-Juni 2018
Mukmin Baba (2018).) Manajemen Pemasaran Jasa Sekolah Dasar Terpadu, Jurnal Isema Vol. 5 No. 1
Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Masa Pandemi Covid 19. Tematik, 7(1), 38–50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369
Wardhana, A. (2018). Strategi Promosi Penerimaan Siswa Baru (Studi Kasus Smk Kesehatan Cipta Bhakti Husada Yogyakarta). CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 6(1), 96. https://doi.org/10.12928/channel.v6i1.10215