Pelatihan MS-PowerPoint Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMP Muhammadiyah Ngluwar
Corresponding Author(s) : Edi Hartono
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Kondisi sekolah menengah swasta yang memprihatinkan terjadi dibanyak daerah di Indonesia, salah satu contohnya adalah di SMP Muhammadiyah Ngluwar di Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah. Hal ini terlihat dari jumlah siswa yang terus menurun dari tahun ke tahun. Bahkan ditahun 2022 jumlah siswa baru hanya sebanyak 15 orang. Sebenarnya dari sisi prasarana gedung cukup memadai, namun sarana pembelajaran masih jauh tertinggal. Pembelajaran diberikan oleh guru di depan kelas dengan alat bantu hanya papan tulis. Metode pembelajaran yang tentu kurang menarik lagi dimasa sekarang. Hal tersebut kemungkinan menjadi salahsatu penyebab sekolah ini kurang bisa berkembang. Kondisi pandemi Covid-19 juga menjadi pukulan tersendiri bagi sekolah-sekolah yang tidak siap dari sisi sarana dan sumber daya manusia. Peningkatan mutu pembelajaran menjadi hal yang mutlak dilakukan di sekolah ini untuk bisa pelan-pelan mengangkat citra sekolah agar mampu bersaing dengan sekolah lain. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan sarana pembelajaran berupa hibah LCD proyektor dan speaker portatable. Peningkatan kualitas guru pengajar juga dilakukan agar memberikan pengajaran dengan metode yang lebih menarik. Pelatihan optimalisasi aplikasi MS-PowerPoint telah dilakukan kepada guru pengajar di SMP Muhammadiyah Ngluwar yang berjumlah 11 orang pada tanggal 25 Maret 2022. Hasil kuisioner menunjukkan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dalam penggunaan aplikasi
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Mukhson, Ali (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 8(2), 1-10, diambil dari https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949 Depdiknas. (2003).
- Suhartoyo, E. (2005). Pengalaman Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pengembangan Budaya Sekolah di SMAN 1 Kasihan Bantul. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pengembangan Budaya Sekolah, Tanggal 24 November 2005 di Universitas Negeri Yogyakarta Syah, M. (2007).
- Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Slavin, R. E. (2000). Educational Psychology: Theory and Practices. New York: Allyn & Bocan.
- Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
- Hamalik, O. (1996). Media Pendidikan. Bandung:
- Tarsito. Sardiman, A.M. (1996). “Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar”. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Iswanto, H. (2007). Pemanfaatan Multimedia Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Saraf di SMP Roudlotus Saidiyyah Semarang. Skripsi. Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang.
References
Mukhson, Ali (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 8(2), 1-10, diambil dari https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949 Depdiknas. (2003).
Suhartoyo, E. (2005). Pengalaman Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pengembangan Budaya Sekolah di SMAN 1 Kasihan Bantul. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pengembangan Budaya Sekolah, Tanggal 24 November 2005 di Universitas Negeri Yogyakarta Syah, M. (2007).
Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Slavin, R. E. (2000). Educational Psychology: Theory and Practices. New York: Allyn & Bocan.
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Hamalik, O. (1996). Media Pendidikan. Bandung:
Tarsito. Sardiman, A.M. (1996). “Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar”. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Iswanto, H. (2007). Pemanfaatan Multimedia Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Saraf di SMP Roudlotus Saidiyyah Semarang. Skripsi. Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang.