Kelompok Bermain KB AL AMNA Bausasran Menuju KB Terakreditasi PNaH-PAUD Tahun 2022
Corresponding Author(s) : Isthofaina Astuty
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Peningkatan kualitas dan kapasitas manajemen KB Al Amna melalui asesmen akreditasi menjadi sesuatu yang prioritas saat ini, mengingat sejak tahun 2008 KB Al Amna belum pernah mengikuti atau ditunjukkan oleh dinas terkait untuk mengikuti penilaian atau akreditasi karena berbagai masalah dalam internal KB Al Amna. Melalui asesmen akreditasi, KB Al Amna akan memahami kapasitas kelembagaan dalam menyediakan proses pelajar mengajar yang standart bagi peserta didik. KB Al Amna akan memahami kekuatan dan kelemahan yang dimiliki menurut penilaian pihak eksternal yang kompeten, dan pada akhirnya bisa menjadi acuan bagi KB untuk memperbaiki kualitas diri organisasi. Selain permasalahan akreditasi, permasalahan lain yang sedikit berdampak pada proses akreditasi adalah belum optimalnya kepengurusan KB Al Amna dalam membantu jalannya KB Al Amna serta kurangnya kemampuan IT dari sisi guru-guru KB Al Amna. Tujuan dari program ini adalah pendampingan KB Al Amna dalam menghadapi akreditasi baik dari sisi administrasi serta pengadaan barang yang diperlukan sebagai syarat akreditasi. Program pengabdian masyarakat kali ini difokuskan pada proses pendampingan, pengadaaan barang dan pelatihan. KB Al Amna memperoleh Akreditasi B sejak 3 Februari 2022 dari BAnH-PAUD, Manajemen Tim Pengelola yang baik serta guru-guru bisa mengaplikasikan MS Office dalam proses pembelajaran di kelas maupun kepentingan administrasi sekolah. Implikasi dari hasil pengabdian ini adalah KB Al Amna memiliki modal penting dalam rangka menarik calon orang tua wali yang menginginkan KB yang berkualitas
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Griffin, R. W., & Ebert, R. J. (2013). Business essentials. Edinburgh: Pearson Education.
- Iskandar Bukhori, Fadia Fitriyanti,2021, PROGRAM PENDAMPINGAN PERSIAPAN PEMBELAJARAN OFF LINE DI MASA PANDEMI COVID 19 (SUDAH TERKENDALI) https://drive.google.com/file/d/1IuVTKrZ-ppGpCW2W7tr9FWiEsmyrW7aZ/view?usp=sharing
- Isthofaina Astuty, Meika Kurnia PRDA, 2021 “PROGRAM PENDAMPINGAN PROSES PEMBELAJARAN KELOMPOK BERMAIN AL AMNA DI MASA PANDEMI COVID 19” https://drive.google.com/file/d/1iF1KuGPtPdPy_1pengwrpiOjSJ6rrmXg/view?usp=sharing
- Kasiono, K. (2015). Implementasi Manajemen Pendidikan Pada Lingkup Program Pembelajaran Dalam Rangka Penyelenggaraan Kelompok Bermain Yang Berkualitasdi Kelompok Bermain Al Azhar Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(2), 60-74.
- Kurniawan, D. (2013). Manajemen Program Kelompok Bermain (KB) Pada Sekolah Bina Anak Sholeh (BIAS) Yogyakarta. Diklus, 17(1).
- Muhlishottin, W. W., & Roesminingsih, M. V. (2020). Pelaksanaan Fungsi–Fungsi Manajemen Kelompok Bermain RA Kartini Desa Trutup Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(1), 116-123.
- Sulfemi, W. B. (2019). Modul Manajemen Pendidikan Non Formal.
- Stephen, R. P. dan Coulter Mary. 2014. Management. Pearson Education Limited. United State.
References
Griffin, R. W., & Ebert, R. J. (2013). Business essentials. Edinburgh: Pearson Education.
Iskandar Bukhori, Fadia Fitriyanti,2021, PROGRAM PENDAMPINGAN PERSIAPAN PEMBELAJARAN OFF LINE DI MASA PANDEMI COVID 19 (SUDAH TERKENDALI) https://drive.google.com/file/d/1IuVTKrZ-ppGpCW2W7tr9FWiEsmyrW7aZ/view?usp=sharing
Isthofaina Astuty, Meika Kurnia PRDA, 2021 “PROGRAM PENDAMPINGAN PROSES PEMBELAJARAN KELOMPOK BERMAIN AL AMNA DI MASA PANDEMI COVID 19” https://drive.google.com/file/d/1iF1KuGPtPdPy_1pengwrpiOjSJ6rrmXg/view?usp=sharing
Kasiono, K. (2015). Implementasi Manajemen Pendidikan Pada Lingkup Program Pembelajaran Dalam Rangka Penyelenggaraan Kelompok Bermain Yang Berkualitasdi Kelompok Bermain Al Azhar Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(2), 60-74.
Kurniawan, D. (2013). Manajemen Program Kelompok Bermain (KB) Pada Sekolah Bina Anak Sholeh (BIAS) Yogyakarta. Diklus, 17(1).
Muhlishottin, W. W., & Roesminingsih, M. V. (2020). Pelaksanaan Fungsi–Fungsi Manajemen Kelompok Bermain RA Kartini Desa Trutup Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(1), 116-123.
Sulfemi, W. B. (2019). Modul Manajemen Pendidikan Non Formal.
Stephen, R. P. dan Coulter Mary. 2014. Management. Pearson Education Limited. United State.