Increased Knowledge of Natural Products for Maintaining Health and Training on Making Learning Media at ABA Jongke Kindergarten, Yogyakarta
Corresponding Author(s) : Annisa Krisridwany
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Tenaga pendidik memerlukan wawasan yang harus terus ditingkatkan untuk dapat diajarkan kepada peserta didik. Guru TK juga perlu penambahan edukasi terkait pemanfaatan bahan alam untuk kesehatan. Masa pandemi seperti saat ini tenaga pendidik memerlukan pelatihan khusus mengenai pembuatan media ajar. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode penyuluhan dan pelatihan dengan praktek langsung membuat media bahan ajar menggunakan power point. Peningkatan pemahaman peserta pengabdian dilihat dari peningkatan nilai pre dan post test. Para peserta pengabdian mengalami peningkatan pemahaman dan ketrampilan dari materi yang telah diberikan. Materi penyuluhan diharapkan dapat menjadi salah satu bahan ajar yang dapat disesuaikan untuk anak usia dini dan ketrampilan membuat bahan ajar diharapkan dapat mendukung kegiatan belajar mengajar di masa pandemi
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Sobarna, A., Hakim, A. (2017). Management Character Education in Kindergarten. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies. DOI 10.15294/ijeces.v6i2.20188 IJECES 6 (2)
- Hikmatin, M., & Utami, D. (2018). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN, EKONOMI DAN KESEHATAN STUDI KASUS DESA SITU ILIR. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(4). doi:10.32832/abdidos.v2i4.227
- Mikail Garba, Hudu. (2011). From Nutrition to Health: The Role of Natural Products: A Review. 10.5772/27490.
- Prasanth, M. I., Sivamaruthi, B. S., Chaiyasut, C., & Tencomnao, T. (2019). A Review of the Role of Green Tea (Camellia sinensis) in Antiphotoaging, Stress Resistance, Neuroprotection, and Autophagy. Nutrients, 11(2), 474. https://doi.org/10.3390/nu11020474
- Putri, E. S. Y., & Anggia, V. (2020). Pengenalan Produk Makanan dan Kosmetik Berbahan Dasar Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus) yang Kaya Antioksidan dan Baik Bagi Kesehatan. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 54–59. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i2.1448
- Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414-421. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
- Ekawati, R. et al. (2021). Cerita bergambar “pakai masker yuk” sebagai edukasi anak usia dini di Kecamatan Blimbing Kota Malang. promotive jurnal pengabdian kepada masyarakat, 1(2), http://journal2.um.ac.id/index.php/promotif/article/view/24035/0
- Putri, A. A. A. D. (2019). Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Usia Dini Mengenai Bencana Alam. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 246–250.
- Tias, Aruming & Budiningsih, C. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5. 1667-1675. 10.31004/obsesi.v5i2.873.
- Syahroni, M., Dianastiti, F., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170-178. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847
References
Sobarna, A., Hakim, A. (2017). Management Character Education in Kindergarten. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies. DOI 10.15294/ijeces.v6i2.20188 IJECES 6 (2)
Hikmatin, M., & Utami, D. (2018). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN, EKONOMI DAN KESEHATAN STUDI KASUS DESA SITU ILIR. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(4). doi:10.32832/abdidos.v2i4.227
Mikail Garba, Hudu. (2011). From Nutrition to Health: The Role of Natural Products: A Review. 10.5772/27490.
Prasanth, M. I., Sivamaruthi, B. S., Chaiyasut, C., & Tencomnao, T. (2019). A Review of the Role of Green Tea (Camellia sinensis) in Antiphotoaging, Stress Resistance, Neuroprotection, and Autophagy. Nutrients, 11(2), 474. https://doi.org/10.3390/nu11020474
Putri, E. S. Y., & Anggia, V. (2020). Pengenalan Produk Makanan dan Kosmetik Berbahan Dasar Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus) yang Kaya Antioksidan dan Baik Bagi Kesehatan. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 54–59. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i2.1448
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414-421. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Ekawati, R. et al. (2021). Cerita bergambar “pakai masker yuk” sebagai edukasi anak usia dini di Kecamatan Blimbing Kota Malang. promotive jurnal pengabdian kepada masyarakat, 1(2), http://journal2.um.ac.id/index.php/promotif/article/view/24035/0
Putri, A. A. A. D. (2019). Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Usia Dini Mengenai Bencana Alam. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 246–250.
Tias, Aruming & Budiningsih, C. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5. 1667-1675. 10.31004/obsesi.v5i2.873.
Syahroni, M., Dianastiti, F., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170-178. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847