PENGGUNAAN PLATFORM DIGITAL UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PETANI
Corresponding Author(s) : Mujiyana Mujiyanaa
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 1. Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Publik
Abstract
Program Pengabdian Masyarakat KKN-PPM dengan tema “Penggunaan Platform Digital untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Petani”, dengan mitra program merupakan kelompok masyarakat yang tidak produktif. Masyarakat mengandalkan hasil alam yaitu pertanian dan perkebunan di lereng Gunung Merbabu lokasinya di wilayah Kabupaten Boyolali. Masyarakat di lereng Gunung Merbabu memiliki permasalahan yaitu usaha dan perkebunan tradisional yang sudah lama ditekuni tetapi tidak mengalami kemajuan atau perkembangan. Masalah yang dihadapi oleh mitra: (1) pengenalan hasil usaha masih menggunakan cara promosi tradisional yaitu komunikasi dari orang ke orang yang telah menggunakan usaha; (2) tingkat pengetahuan dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan hasil pertaniannya juga masih rendah.
Masalah masyarakat tersebut diatasi melalui pelatihan cara pemasaran yang efektif menggunakan media sosial dan untuk masalah kedua diselesaikan melalui peningkatan kemampuan TI untuk meningkatkan hasil pertanian yang maksimal.
Monitoring dan evaluasi kegiatan yang diperlukan untuk dapat mengukur kinerja tersebut adalah pemahaman masyarakat tentang penggunaan TI untuk memasimalkan produk pertaniannya
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Edwin Agung Wibowo, 2014, Pemanfaatan Teknologi E-commerce dalam Bisnis,https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/equi/article/download/222/215
- Haryono, Suyono. (2005). Sinergi Baru Pemberdayaan Keluarga Seri Menyegarkan Gerakan Keluarga Sejahtera. Jakarta: Yayasan Domandi.
- I Ketut Surya Diarta, 2016, Strategi Branding dalam Promosi Penjualan Produk Pertanian Olahan PT. Hatten Bali untuk Pasar Pariwisata Indonesia, Jurnal Manajemen Agribisnis Vol. 4, No. 2, Oktober 2016 ISSN: 2355-0759
- Maskur, dkk, 2019, Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Penjualan Produk Hasil Pertanian di Kabupaten Tulungagung, http: ejurnal.umm.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/3133
- Susilo A, Rumende CM, Pitoyo CW, Santoso WD, Yulianti M, Herikurniawan, Sinto R, Singh G, Nainggolan L, Nelwan E, dkk. 2020. Coronavirus Disease 2019: Tinjauan literatur terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia. 7(1): 45- 67.
- Kottler, 2001, Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan. Kontrol. Jakarta : PT. Prehallindo.
- Santika, Mohammad Gilang. 2015. Hubungan Antara FoMO (FEAR OF MISSING OUT) Dengan Kecanduan Internet (INTERNET ADDICTION) Pada Remaja Di SMAN 4 Bandung. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia. POSTED ON FEBRUARY 29, 2016 BY SEJIWA
References
Edwin Agung Wibowo, 2014, Pemanfaatan Teknologi E-commerce dalam Bisnis,https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/equi/article/download/222/215
Haryono, Suyono. (2005). Sinergi Baru Pemberdayaan Keluarga Seri Menyegarkan Gerakan Keluarga Sejahtera. Jakarta: Yayasan Domandi.
I Ketut Surya Diarta, 2016, Strategi Branding dalam Promosi Penjualan Produk Pertanian Olahan PT. Hatten Bali untuk Pasar Pariwisata Indonesia, Jurnal Manajemen Agribisnis Vol. 4, No. 2, Oktober 2016 ISSN: 2355-0759
Maskur, dkk, 2019, Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Penjualan Produk Hasil Pertanian di Kabupaten Tulungagung, http: ejurnal.umm.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/3133
Susilo A, Rumende CM, Pitoyo CW, Santoso WD, Yulianti M, Herikurniawan, Sinto R, Singh G, Nainggolan L, Nelwan E, dkk. 2020. Coronavirus Disease 2019: Tinjauan literatur terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia. 7(1): 45- 67.
Kottler, 2001, Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan. Kontrol. Jakarta : PT. Prehallindo.
Santika, Mohammad Gilang. 2015. Hubungan Antara FoMO (FEAR OF MISSING OUT) Dengan Kecanduan Internet (INTERNET ADDICTION) Pada Remaja Di SMAN 4 Bandung. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia. POSTED ON FEBRUARY 29, 2016 BY SEJIWA