Penerapan Jogja Smart Service dalam Pengaplikasian Pelayanan Publik Kepada Masyarakat Kota Yogyakarta
Corresponding Author(s) : Atik Septi Winarsih
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 1. Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Publik
Abstract
Perjalanan perkembangan teknologi komunikasi semakin pesat. Pemerintah menggunakan perkembangan teknologi untuk memberikan layanan kepada masayarakat. Pemerintah kota Yogyakarta telah meluncurkan aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Aplikasi ini telah berjalan kurang lebih dari tahun 2017. Masih banyaknya masyarakat yang belum paham terkait penggunaan aplikasi ini terutama dalam mendapatkan pelayanan pada masa pandemi Covid-19 menjadi sebuah permasalahan. Munculnya keengganan untuk melakukan adopsi penggunaan aplikasi membuat pengabdi tergerak untuk membantu dalam usaha penerapan aplikasi JSS.
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang akan dilaksanakan guna mengedukasi masyarakat tentang kegunaan Jogja Smart Service (JSS). Seperti halnya luaran yang diinginkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah masyarakat Kota Yogyakarta mampu menggunakan aplikasi dan mendapat pelayanan prima melalui aplikasi JSS ini. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan bentuk sosialisasi atau penyuluhan terlebih dahulu dan kemudian dilanjutkan dengan pendampingan yang diarahkan dalam bentuk praktik. Luaran serta manfaat yang akan didapatkan dari pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini antara lain dapat mengedukasi penggunaan JSS dalam bentuk pelayanan terbarukan satu pintu di mana akan banyak akses penting untuk seluruh masyarakat, serta dapat membantu masyarakat untuk berpikir kreatif dan inovatif serta solutif.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX