PENGEMBANGAN UNIT USAHA TEMPE DI PESANTREN DENGAN TEKNIK PEMASARAN ONLINE
Corresponding Author(s) : Chusnul Azhar
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 5. Produktivitas dan Daya Saing Industri Pangan
Abstract
Pesantren Asy-Syifa Muhammadiyah Bantul adalah Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di bawah pengelolaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bantul yang bergerak pada ranah pendidikan dan sosial. Adapun unit usaha yang diselenggarakan adalah Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), Panti Asuhan, dan Unit Pengumpul Zakat Lembaga Zakat Infak dan Shadaqah Muhammadiyah (UPZ LAZISMU). Kurang lebih 70% santri berasal dari keluarga yang tidak mampu yang seluruh kebutuhannya masih bergantung kepada para donatur yang dihimpun melalui UPZ LAZISMU Asy-Syifa. Olehnya, Pesantren Asy-Syifa Muhammadiyah Bantul mengembangkan unit usaha tempe, namun masih dikelola dan dipasarkan secara sederhana dan belum memanfaatkan kekuatan ekonomi warga Muhammadiyah yang memiliki loyalitas tinggi dan dapat dijadikan sebagai konsumen tetap. Maka, program pengabdian ini menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pentingnya ketahanan ekonomi umat yang ditujukan kepada warga Muhammadiyah di lingkungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Bambanglipuro dan sekitarnya yang nantinya menjadi konsumen tetap, menyelenggarakan workshop untuk meningkatkan kreativitas para pengelola unit usaha tempe dalam membuat media pemasaran offline maupun online, dan membentuk tim kreatif pemasaran unit usaha tempe. Hasil dari program pengabdian kepada masyarakat ini dapat meningkatkan penjualan sampai dengan 65% jika dibandingkan penjualan sebelumnya.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX