Analisis SWOT Potensi Bisnis Koperasi Bunga Kayu Mekar Di Cilember, Bogor
Corresponding Author(s) : Iis Mariam
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2019: 3. Pengembangan Usaha Mikro, kecildan Menengah (UMKM), Serta Ekonomi Kreatif
Abstract
Dalam era teknologi informasi saat ini kecepatan berbisnis di dalam merespon perubahan akan
berdampak pada organisasi agar dapat bersaing dengan usaha yang lain. Koperasi Bunga Kayu Mekar
yang berlokasi di desa Cilember, Cisarua, Bogor saat ini memiliki 300 orang anggota yang tergabung
dari para pengrajin yang menjual produk bunga kayu, pengrajin boneka, penjual makanan dan minuman
serta pengelola Eco–Village. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengidentifikasi
strategi yang dilakukan pelaku usaha koperasi bunga kayu dalam membangun potensi usaha dan
memasarkan produknya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik
pengumpulan data, yaitu: observasi dan wawancara dengan ketua koperasi Bunga Kayu Cilember Mekar,
Kepala Desa Cilember serta Tokoh Masyarakat di desa Cilember. Hasilnya menunjukkan bahwa analisis
strategi SWOT dilakukan dalam memetakan dan mengidentifikasi potensi bisnis dalam memberdayakan
pengrajin dan pelaku usaha yang tergabung dalam Koperasi Bunga Kayu Cilember Mekar, Cisarua,
Bogor. Strategi yang dilakukan dalam memasarkan produknya adalah mengikuti pameran yang diadakan
pemerintah daerah Bogor, ikut dalam kegiatan bazar baik di sekitar Cisarua, Bogor, berjualan di tempat
wisata Bunga Matahari serta memulai penjualan bunga kayu berbasis on-line walaupun masih terbatas
jumlahnya.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX