Pengembangan Digital Marketing Desa Wisata Di Dusun Lopati Kelurahan Trimurti Kabupaten Bantul Yogyakarta
Corresponding Author(s) : Ratih Herningtyas
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2019: 3. Pengembangan Usaha Mikro, kecildan Menengah (UMKM), Serta Ekonomi Kreatif
Abstract
Peningkatan jumlah wisatawan pada suatu daerah didorong oleh meningkatnya kebutuhan
akan liburan yang telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Sebagian besar
wisatawan mencari destinasi wisata dengan mengandalkan informasi internet seperti website,
media sosial seperti facebook, twitter dan, instagram. Dusun Lopati merupakan salah satu
padukuhan yang terletak di Desa Trimurti, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul,
Yogyakarta yang sejak tahun 2007 telah dicanangkan sebagai desa wisata. Sebagai sebuah desa
wisata, Lopati telah memiliki beberapa infrastruktur pendukung seperti pokdarwis, website,
dan kelompok-kelompok UKM, Seni budaya dan kerajinan sebagai modal untuk menarik
wisatawan. Namun hingga saat ini jumlah kunjungan wisatawan belum memenuhi harapan.
Program KKN-PPM ini diharapkan dapat memecahkan problem tersebut Kegiatan yang
dilaksanakan adalah 1) Forum Group Discussion untuk melakukan evaluasi dan pembenahan
dalam pengelolaan desa wisata, 2) Mini Seminar untuk mendapatkan tambahan pengetahuan,
wawasan dan inspirasi dalam pengelolaan desa wisata yang unik dan berkarakter dan 3)
workshop digital marketing untuk menambah ketrampilan dalam menampilkan konten
website dan medsos yang menarik dan provokatif mengundang wisatawan. Output dari
kegiatan ini adalah data base desa wisata, paket-paket wisata yang bisa ditawarkan di website
dan medsos, website yang lebih informatif dan provokatif untuk dikunjungi serta Publikasi
media.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX