Perencanaan Infrastruktur Dan Digital Marketing Sebagai Sarana Membangun Wisata “Gerojokan Sewu”
Corresponding Author(s) : Zaini Muchlis
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2019: 3. Pengembangan Usaha Mikro, kecildan Menengah (UMKM), Serta Ekonomi Kreatif
Abstract
Kulonprogo memiliki potensi yang sangat tinggi terhadap pengembangan desa wisata, salah satunya
berada di dusun Beteng yang memiliki wisata alam Grojokan Sewu. Tempat tersebut memiliki pesona
alam yang sangat indah akan tetapi belum memiliki infrastruktur yang baik dan aman sebagai obyek
wisata. Disisi lain kurangnya pengetahuan masyarakat sekitar dalam memasarkan obyek wisata ini
menjadi kendala besar yang menyebabkan berkurangnya wisatawan yang berkunjung ke desa wisata
tersebut. Perencanaan pembangunan infrastruktur terhadap obyek wisata tersebut dan pemasaran
melalui digital marketing dipandang sangatlah perlu guna meningkatkan minat wisatawan yang
berkunjung ke lokasi tersebut. Metode pelaksanaan program ini dilaksanakan dengan cara penyuluhan,
fasilitasi peralatan dan transfer teknologi, pelatihan dan praktek aplikasi teknologi, serta pendampingan
dan monitoring evaluasi terhadap masyarakat dusun Beteng. Adapun hasil dari pengabdian masyarakat
ini adalah terbentuknya siteplan dan denah objek wisata serta website Grojokan sewu sebagai sarana
marketing desa wisata. Sehingga dapat meningkatkan wisatawan yang berkunjung ke Grojokan Sewu,
yang berdampak pula terhadap meningkatkan perekonomian warga dusun Beteng.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX